Search
Close this search box.

Kejati Sultra Bidik Proyek Rp 90 M di Butur

Table of Contents

Kendari, Teropong Kejasaan Tinggi (Kejati) Sultra kembali diarahkan ke Butur. Kali ini yang dibidik pembangunan SOR untuk Porprov (Porda). Diduga kuat proyek tersebut telat dalam pelaksanaan. Proyek dengan anggaran Rp 90 miliar lebih itu dikerjakan perusahaan BUMN, PT Waskita.
Nah, karena telat, kemarin puluhan massa yang mengatasnamakan Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi Tenggara (KBM-Sultra) mendatangi Kejati. Mereka minta pihak kejati segera memanggil pihak proyek dan perusahaan pemenang tender.

Menurut koorlab aksi, Samsul, perusahaan tidak melanjutkan pekerjaan karena kendala dalam galian. “Dugaan sementara pada tanah galian yang ternyata batu. Pihak Waskita tidak mau bekerja karena tak sesuai RAB. Dibilang tanah ternyata batu.Inilah hingga terjadi penghentian pekerjaan,”duga Samsul.

“Kekhawatiran kami, kalau ini molor maka bisa jadi deadline waktu pelaksanaan sebagaimana tercantum dalam kontrak tidak tercapai. Melihat volume kerja yang ada serta waktu tersisa (tahun 2014), mustahil bisa selesai tepat waktu. Kalau ini terjadi, tentu bukan hanya negara di rugikan tapi juga masyarakat Butur yang sudah didaulat sebagai tuan rumah Porprov 2014 mendatang,”teriak Samsul diamini rekan KBM Sultra lainnya saat berorasi di depan Kejati Sultra.

KBM meminta Kejati turun tangan menangani persoalan tersebut. Sekaligus meminta perusahaan pemenang tender (PT.Waskita) bertanggung jawab atas molornya pelaksanaan proyek. KBM berjanji akan melakukan presure lebih keras lagi kalau pihak yang terlibat tidak segera menindaklanjuti. “Kami bersama masyarakat Butur tidak akan berhenti sampai di sini. Persoalan ini akan terus dikawal hingga selesai,” tegasnya.

Kehadiran KBM Sultra direspon positif pihak Kejati Sultra. Dihadapan perwakilan demonstran, Kepala Seksi Ekonomi dan Moneter Bidang Intelijen Kejati Sultra, H.Djaenuddin Rasyid,SH.,MH, berjanji akan memanggil PT.Waskita dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk dimintai keterangan. Termasuk sejumlah pejabat lainnya yang terlibat. “Nanti kita akan agendakan meminta keterangan mereka dalam waktu dekat. Utamanya berkaitan dengan kontrak sebagaimana kesepakatan tender,” terangnya.

Sementara itu, ketua KBM Sultra Irwan menegaskan, hasil investigasi, pihaknya memiliki file foto yang menggambarkan tidak adanya aktivitas di lokasi proyek. “Memang ada alat berat, tapi cuman seadanya dan tidak berjalan. Kami punya gambar yang diambil setelah Idul Adha kemarin,”katanya.

Bagaimana jika pekerjaan itu kini mulai berjalan? Irwan mengaku bersyukur agar persoalan tidak menjadi besar. Namun yang menjadi pertanyaan, ada praktik tidak benar dalam pengelolaan proyek. Misalnya dari tidak berjalan kini mulai dijalankan. Inilah harusnya pihak Kejati mengejar,apa yang terjadi di dalam proyek puluhan miliar itu. “Prosesnya sudah salah. Kejati harus melihat kontraknya dan mengejar dugaan praktik tidak benar dalam proyek itu. Ini patut diduga dan pihak proyek bertanggung jawab,”tegasnya.

Kabupaten Butur memang lagi gencar membangun beberapa venue. Namun harapan akan tuntas pertengahan tahun 2014 hanyalah mimpi. Sebab stadion utama yang diharapkan bisa lebih cepat pengerjaannya, justru masih seperti hamparan batu.

Sumber:Kendarinews

Rekomendasi Hotel di Kaliurang Jogja
Villa Kaliurang Indah: Penginapan Romantis dengan Pemandangan Gunung
5 Rekomendasi Jasa Fotografer Liburan di Jogja, Moment Seru Harus Diabadikan Dong!
Abadikan Momen Seru Liburan Anda dengan Fotografer Handal di Jogja
Vietnam Airlines Buka Penerbangan ke Munich
Vietnam Airlines Terbang ke Destinasi Baru: Munich
Garrya Residences Pertama Diluncurkan di Phuket
Garrya Residences: Pilihan Terbaik untuk Hunian di Phuket
8 Proyek Jalan di Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Perumda Parkir Makassar Raya: Jukir Tidak Ditarget Dengan Karcis
Perumda Parkir Makassar Raya: Jukir Tidak Ditarget Dengan Karcis
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar dan Perumda Parkir Makassar Masih Jadi PR
Jukir Liar dan Perumda Parkir Kota Makassar Masih Jadi PR
Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
10 Daftar Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
5 Pentolan KKB, dari Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya
5 Pentolan KKB, dari Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya