Search
Close this search box.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Daftar Isi Berita

Pengalaman Generatif Penelusuran Google (SGE) adalah pendekatan baru terhadap hasil penelusuran. Ini adalah pengalaman penelusuran eksperimental yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) generatif untuk memberikan ikhtisar topik penelusuran yang cepat dan jelas kepada pengguna—tanpa harus mengeklik laman web individual.

Ini dapat membantu berbagai tugas, seperti:
Baca:
  • Menemukan jawaban
  • Menemukan ikhtisar topik
  • Meringkas poin-poin penting
  • Mendapatkan instruksi bagaimana caranya

Katakanlah Anda sedang mencari apa yang harus dilakukan di hari hujan bersama anak-anak sekolah dasar. Sebelumnya, Google mengarahkan Anda ke situs-situs yang berisi ide kegiatan. Dengan SGE, Google memberi Anda daftar saran di bagian atas hasil yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Di sebelah kanan hasil, Google menampilkan sumber informasi yang dapat dikunjungi pengguna untuk mempelajari lebih lanjut:

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Cara Mengaktifkan Google SGE

Untuk menggunakan Google SGE, Anda memerlukan:

  • Peramban Chrome
  • Akun Google
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Berbasis di salah satu dari 120+ negara tempat Google SGE tersedia

Google SGE saat ini masih berupa eksperimen, artinya Anda harus ikut serta untuk melihatnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan Pengalaman Generatif Google Penelusuran:

  • Buka Chrome saat Anda masuk ke Akun Google Anda
  • Buka tab baru dan buka Google
  • Pilih ikon “Labs” di kanan atas halaman. Jika Anda tidak dapat menemukan ikon Labs, berarti ikon tersebut belum tersedia di negara Anda.
Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience
  • Pada kartu “SGE, AI generatif dalam Penelusuran”, klik ikon sakelar
Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda siap untuk mencoba SGE.

Anda sekarang akan melihat respons yang dihasilkan AI untuk beberapa pertanyaan Anda. Namun perlu diingat bahwa SGE tidak tersedia untuk semua pertanyaan.

Bagaimana Cara Kerja Google SGE?

Untuk memahami Pengalaman Generatif Google Penelusuran, Anda perlu memahami apa itu AI generatif.

Sederhananya, AI generatif mengacu pada algoritma atau model yang dapat membuat konten, termasuk teks, gambar, audio, dan bahkan kode.

Mari kita uraikan cara kerjanya.

Sistem AI generatif berjalan pada model bahasa besar (LLM), yang dilatih pada data dalam jumlah besar. Misalnya, LLM bernama GPT-4 mendukung Bing dan ChatGPT.

Demikian pula, Google menggunakan LLM yang dikenal sebagai Pathways Language Model 2 (PaLM 2).

Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan Google pada produk lainnya yang telah mengadopsi AI generatif. Seperti fitur “Bantu saya menulis” Gmail.

Pencarian AI generatif Google menggunakan berbagai teknologi berbasis AI, termasuk pemrosesan bahasa alami, pembelajaran mesin, dan pembelajaran mendalam.

Teknologi ini memungkinkan mesin pencari memahami permintaan pencarian pengguna, memproses konten yang relevan, dan merumuskan respons yang tepat.

Katakanlah pengguna menelusuri “resep kue keping coklat terbaik”.

Google SGE menggunakan teknologi ini untuk menunjukkan kepada Anda tiga resep kue keping coklat. Dan rangkum secara singkat masing-masing.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

SGE juga meminta Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan lanjutan yang mungkin muncul, seperti “Apa rahasia kue yang sempurna?”

Untuk menggunakan fitur tindak lanjut, klik salah satu saran Google:

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Anda kemudian akan mendapatkan informasi tambahan tentang topik yang Anda teliti.

Di sini, Google merangkum tips terbaik dari seluruh web tentang cara membuat kue yang sempurna.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Anda juga memiliki opsi untuk mengetikkan pertanyaan tindak lanjut Anda sendiri ke dalam kotak “Ajukan tindak lanjut”.

Katakanlah Anda ingin tahu cara membuat kue keping coklat lebih sehat. Google akan menyajikan beberapa ide, memungkinkan Anda mendapatkan respons cepat dan mudah terhadap semua pertanyaan terkait.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Kemampuan penelusuran AI Google mengubah cara kita berinteraksi dengan penelusuran online.

Berikut manfaat utamanya:

Ikhtisar Sederhana tentang Topik Kompleks

Google SGE memberikan ringkasan topik rumit yang mudah dipahami. Jadi, pengguna dapat dengan cepat memahami dasar-dasarnya tanpa terbebani oleh detailnya.

Jika Anda bertanya kepada Google, “Apa itu bahan kimia PFAS?” ini memberi Anda gambaran singkat tentang poin-poin utama tanpa terlalu detail atau teknis.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Hasil Percakapan

SGE adalah pengalaman yang lebih interaktif dibandingkan penelusuran tradisional. Google menyarankan tidak hanya pertanyaan terkait, namun pertanyaan tindak lanjut yang logis untuk membantu pengguna memperoleh informasi yang sangat relevan dan mendalam hanya dengan beberapa klik.

Jika Anda meminta Google untuk membandingkan bayam dan kangkung, Google akan menyarankan pertanyaan lanjutan yang mendalam. Seperti tiga manfaat teratas dan sayuran mana yang terbaik jika Anda ingin menjaga pola makan anti inflamasi:

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Informasi Cepat dan Langsung

SGE menyederhanakan proses pengumpulan informasi. Jadi pengguna bisa langsung menemukan apa yang dicarinya. Yang lebih mudah dan cepat daripada bernavigasi melalui banyak situs web.

Pencarian untuk “Bagaimana tabel periodik disusun?” menghasilkan jawaban teks dan gambar. Google menjelaskan bagaimana unsur-unsur disusun dan berapa banyak baris dan kolom yang dimiliki tabel periodik.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Dan meminta Google untuk membandingkan kangkung dan bayam akan memberi Anda gambaran tentang persamaan dan perbedaan masing-masing sayuran.

Ini juga akan memberi tahu Anda pilihan mana yang lebih baik, tergantung kebutuhan Anda.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Tidak dapat disangkal daya tarik dan potensi pencarian AI Google.

Namun ada beberapa batasan yang perlu diingat:

Keterbatasan Geografis

Saat ini, Google SGE tersedia dalam tujuh bahasa dan lebih dari 120 negara . Namun belum diluncurkan di beberapa wilayah seperti Eropa (per Desember 2023).

Potensi Ketidakakuratan

Pencarian Google baru masih dalam tahap awal pengembangan. Dan model bahasa terkadang “berhalusinasi” dan menghasilkan informasi yang salah.

Itu sebabnya Google SGE menampilkan penafian, “AI Generatif bersifat eksperimental. Kualitas informasi mungkin berbeda.”

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Hal ini sangat penting untuk topik Uang Anda atau Hidup Anda (YMYL).

Topik YMYL adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang, seperti kesehatan, keuangan, dan keselamatan. Dan Google ingin menghindari pembagian informasi yang tidak akurat karena masalah keamanan pengguna.

Misalnya Anda menelusuri informasi medis, seperti “cara mencegah penyakit jantung”.

Google SGE akan menampilkan penafian tambahan yang menyatakan bahwa hasil pencarian “bukan merupakan nasihat medis” dan mendorong pengguna untuk berkonsultasi dengan penyedia medis mereka.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Iklan penelusuran Google merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak perusahaan, sehingga Google perlu mengambil langkah hati-hati untuk memastikan SGE tidak mengalihkan perhatian dari iklan tersebut.

Meskipun demikian, Google telah mulai bereksperimen dengan iklan AI generatif. Dan sedang menguji penempatan dan format yang terintegrasi dengan baik dengan hasil pencarian.

Kurangnya Transparansi

PaLM 2 Google adalah model tertutup, yang berarti tidak mengungkapkan banyak hal tentang proses pengambilan keputusannya.

Kurangnya transparansi ini berbenturan dengan keinginan pengguna untuk memahami bagaimana AI sampai pada kesimpulan tertentu.

Bagaimana Google SGE Dibandingkan dengan Alat Serupa yang Didukung AI?

Google SGE vs.ChatGPT

OpenAI meluncurkan chatbot bertenaga AI yang disebut ChatGPT pada November 2022 dan menjangkau 100 juta pengguna dalam dua bulan .

Sekilas, ChatGPT dan Google tampaknya memiliki tujuan yang sama: menjawab pertanyaan pengguna.

Namun kedua alat AI tersebut berbeda.

ChatGPT lebih bersifat percakapan dan telah dilatih untuk meniru bahasa manusia. Ini seperti berbicara dengan seorang ahli atau asisten virtual. Hal ini menjadikan ChatGPT pilihan yang lebih baik untuk tugas kolaboratif yang lebih kompleks seperti bertukar pikiran tentang kerangka postingan blog.

Google SGE lebih cocok untuk menjawab pertanyaan spesifik dan menyampaikan informasi faktual. Seperti, “Bagaimana cara membuat cabai?” atau “Siapa yang memenangkan pertandingan Knicks minggu lalu?”

Google SGE vs Bing

Microsoft mengintegrasikan chatbot bertenaga AI yang menggunakan teknologi ChatGPT ke dalam mesin pencari Bing pada Februari 2023. Untuk membuat respons yang disesuaikan terhadap pertanyaan.

Misalnya, jika Anda bertanya kepada AI Bing tentang aktivitas hari hujan untuk anak-anak sekolah dasar, ia akan memberikan daftar detail sebagai jawabannya. Dan sertakan beberapa situs dalam catatan kaki sebagai penghargaan atas informasinya:

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Mirip dengan Google SGE, Bing menyarankan pertanyaan lanjutan.

Salah satu keunggulan utama Bing dibandingkan Google adalah pencarian bertenaga AI sudah tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Jika tidak, pencarian Bing yang didukung AI dan Google SGE serupa. Dan masing-masing mempunyai kelebihannya masing-masing.

Apa Arti Pencarian AI Generatif untuk SEO?

AI Generatif memiliki potensi pro dan kontra dalam hal SEO. Meskipun hal ini dapat mengurangi lalu lintas organik , hal ini juga dapat membantu menghasilkan prospek yang lebih mungkin untuk berkonversi.

Bagaimana?

Pertama, mari kita telusuri bagaimana AI generatif dapat membahayakan lalu lintas. Jika pengguna mendapatkan sebagian besar informasi yang mereka butuhkan dari ringkasan yang didukung AI, hal ini dapat mencegah mereka mengklik ke situs web—termasuk situs Anda.

Ambil pertanyaan ini, misalnya: “Apa itu CRM di real estat?”

Tanggapan SGE sangat rinci sehingga pengguna mungkin memutuskan untuk tidak mengklik situs web yang menerbitkan informasi yang dirujuk oleh keluaran tersebut. Google masih mengutipnya sebagai sumber, namun nilai peringkat tinggi untuk kueri “apa adanya” kemungkinan akan menurun.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Sekarang, mari kita bahas bagaimana SGE dapat mendorong prospek berkualitas lebih tinggi ke situs web Anda.

Dalam pengumumannya, Google menggambarkan SGE sebagai “titik awal untuk menjelajahi konten web.”

Lalu lintas situs web mungkin menurun, terutama untuk pertanyaan dasar. Namun kebanyakan orang masih perlu melakukan penelitian lebih mendalam.

Dan kabar baiknya adalah ketika seseorang akhirnya mengunjungi situs web Anda, kemungkinan besar mereka sudah mendapat informasi lengkap dan siap untuk terlibat atau melakukan konversi dalam beberapa cara.

Penting juga untuk diingat bahwa Google menggabungkan konten generatif dengan hasil penelusuran tradisional—bukan menggantikannya. Hasil tradisional masih tersedia di bawah respons yang dihasilkan AI.

Selain itu, hanya pengguna yang memilih untuk menggunakan SGE yang akan melihat hasil yang dihasilkan AI. Beberapa pengguna masih mengandalkan pencarian tradisional untuk mencari informasi.

Cara Mengoptimalkan AI Generatif

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengoptimalkan situs Anda untuk pencarian Google baru:

Manfaatkan Kata Kunci Ekor Panjang

Hasil awal menunjukkan bahwa SGE mendorong pengguna untuk mencari pertanyaan terperinci, bukan frasa pendek. Jadi, coba optimalkan konten Anda untuk kata kunci ekor panjang.

Misalnya, daripada “sepatu lari”, pilihan yang lebih baik adalah kata kunci ekor panjang “sepatu lari yang nyaman untuk maraton”.

Untuk menemukan kata kunci ekor panjang yang relevan di niche Anda, Anda dapat menggunakan Alat Ajaib Kata Kunci .

Pertama, masukkan kata kunci unggulan (seperti “kursus yoga”), pilih lokasi Anda, dan klik “ Cari .”

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Selanjutnya, gunakan filter tingkat kesulitan kata kunci untuk menyaring pencarian Anda.

Tingkat kesulitan kata kunci memberi tahu Anda betapa sulitnya mendapatkan peringkat 10 besar untuk istilah tertentu. Semakin tinggi angkanya, semakin sulit jadinya.

Buka tarik-turun “ KD % ” dan klik “ Mudah .”

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Meskipun ini bukan ilmu yang sempurna, istilah penelusuran dengan skor kesulitan yang lebih rendah (artinya istilah yang “mudah” atau “sangat mudah”) sering kali merupakan variasi jangka panjang.

Anda sekarang dapat melihat daftar kata kunci yang relatif mudah untuk diberi peringkat. Dan apa pun yang Anda lihat yang sangat relevan dengan niche Anda (seperti “kursus anatomi yoga”) adalah target ideal untuk konten yang dioptimalkan untuk SGE.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Buat Konten Berkualitas yang Sesuai dengan Maksud Pencarian

Seperti penelusuran tradisional, SGE berfokus pada penyediaan konten yang relevan dan bermanfaat bagi pengguna. Namun menjadikan pengalaman keseluruhan lebih cepat dan mudah.

Salah satu cara terbaik untuk membuat jenis konten berkualitas tinggi yang diprioritaskan Google adalah dengan menggunakan sumber terpercaya, berbagi pendapat ahli, dan memastikan informasi apa pun yang Anda bagikan akurat.

Penting juga bagi Anda untuk memahami dan mengatasi maksud penelusuran (alasan di balik penelusuran pengguna).

Ada empat jenis utama maksud pencarian:

  • Maksud navigasi: Pengguna mencari halaman tertentu (misalnya, “login domino”)
  • Maksud informasional: Pengguna ingin mempelajari sesuatu (misalnya, “apa itu pizza deep dish chicago”)
  • Tujuan komersial: Pengguna melakukan penelitian sebelum membuat keputusan pembelian (misalnya, “pizza terbaik di dekat saya”)
  • Niat transaksional: Pengguna ingin menyelesaikan tindakan tertentu—biasanya pembelian (misalnya, “pesan pizza online”)

Anda dapat menemukan maksud kata kunci di Alat Ajaib Kata Kunci saat Anda meneliti istilah yang akan ditargetkan.

Cukup centang kolom “Intent” untuk melihat maksud dari kata kunci masing-masing.

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Setelah Anda memilih kata kunci dan mengidentifikasi maksudnya, lihat halaman hasil mesin pencari (SERP) dan pertimbangkan:

  • Apa yang membuat hasil teratas menjadi yang terbaik
  • Seberapa mendalam hasil teratasnya
  • Bagaimana Anda dapat membuat konten yang lebih baik lagi

Misalnya, Anda dapat menawarkan lebih banyak data dan contoh untuk kata kunci informasional daripada pesaing SERP Anda agar menonjol. Atau, jika pengguna mencoba menyelesaikan suatu tugas, berikan petunjuk langkah demi langkah.

Maksud pencarian penting untuk semua konten, terutama jika menyangkut SGE.

Karena ringkasan AI Google hanya tertaut ke konten yang paling berhasil menyelaraskan dengan niat—artinya ringkasan tersebut diambil dari beberapa hasil pertama.

Jadi, ada baiknya juga melihat bagaimana upaya Anda memengaruhi peringkat dengan menggunakan alat Pelacakan Posisi .

Untuk memulai, masukkan domain Anda ke dalam bilah pencarian dan klik “ Siapkan pelacakan .”

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Sekarang, ikuti panduan konfigurasi Pelacakan Posisi untuk menyiapkan proyek Anda.

Pastikan untuk memasukkan semua kata kunci yang Anda identifikasi yang akan Anda gunakan untuk membuat konten. Kemudian, gulir ke bawah dan klik “ Mulai  Pelacakan .”

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Anda akan dapat melihat informasi tentang keseluruhan kinerja dan peringkat kata kunci teratas dalam laporan “Lanskap” yang muncul:

Ini Penjelasan Lengkap Search Generative Experience

Anda juga dapat membuka tab “ Posisi ” untuk melihat lebih detail semua peringkat Anda.

Semakin tinggi peringkat Anda, semakin tinggi pula peluang Anda untuk muncul dalam respons yang dihasilkan AI.

Prioritaskan Bahasa Alami

SGE memahami bahasa sehari-hari, sehingga Anda dapat dan harus berbicara seperti audiens Anda.

Ini sudah merupakan praktik terbaik untuk penelusuran suara .

Itu berarti Anda harus menghindari penggunaan bahasa formal seperti “kami menyediakan layanan pengembangan web” di beranda Anda. Dan cobalah pilihan yang lebih relevan seperti “kami membangun situs web untuk usaha kecil dan menengah.”

Menerapkan Data Terstruktur

Data terstruktur (juga dikenal sebagai markup skema) adalah standar pengkodean yang digunakan untuk membantu mesin telusur memahami dan mengkategorikan konten online.

Menggunakan data terstruktur membuat konten Anda lebih mudah dicerna oleh mesin pencari. Yang membantu konten Anda ditampilkan untuk penelusuran yang lebih relevan. Dan dapat meningkatkan kinerja SEO Anda seiring waktu.

Berita Terkait Lainnya

Tantangan yang Dihadapi oleh GOTO
Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
Meningkatkan Visibility Website Anda Melalui Pendekatan: Cara Mengoptimalkan Search Generative Experience
Strategi Efektif untuk Memaksimalkan Search Generative Experience (SGE) pada Website Anda
Memahami Bagaimana Cara Kerja Search Generative Experience (SGE)
Mooryati Soedibyo Tutup Usia
Polda Sulbar Perketat Pengamanan Selama Kunjungan Presiden Joko Widodo
Polda Sulbar Perketat Pengamanan Selama Kunjungan Presiden Joko Widodo
Pemerintah Waspadai Penyebaran Penyakit Arboviral
Pemerintah Waspadai Penyebaran Penyakit Arboviral
DPD IPK Asahan Miliki Kantor Sendiri
DPD IPK Asahan Miliki Kantor Sendiri
Yudhianto Mahardika Dapat Dukungan Emak-emak Gemoy dan Kerabat
Kerabat Yudi Dan Emak-Emak Gemoy Kendari Bersihkan Lingkungan Rawan Banjir
Yudhianto Mahardika Dapat Dukungan Emak-emak Gemoy dan Kerabat
Yudhianto Mahardika Dapat Dukungan Emak-emak Gemoy dan Kerabat
Ganjar-Mahfud Adakan Pertemuan Tertutup Bersama Ketua Umum Partai Koalisi
Ganjar-Mahfud Adakan Pertemuan Tertutup Bersama Ketua Umum Partai Koalisi
MK Pastikan Jokowi Tak Melakukan Nepotisme Terkait Posisi Gibran
MK Pastikan Jokowi Tak Melakukan Nepotisme Terkait Posisi Gibran
DPD IPK Asahan Miliki Kantor Sendiri
DPD IPK Asahan Miliki Kantor Sendiri
Rekomendasi-Sewa-Laptop-di-Jogja
13 Rekomendasi Sewa Laptop di Jogja, Deadline Besok Gak Jadi Masalah
Apple Watch X Terbaru Bisa Deteksi Sleep Apnea
Apple Watch X Terbaru Bisa Deteksi Sleep Apnea
2-P55-1
Juli, Labuan Bajo Punya Resor Mewah Baru
Final-Planning-Conference-
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
8 Proyek Jalan di Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar dan Perumda Parkir Makassar Masih Jadi PR
Jukir Liar dan Perumda Parkir Kota Makassar Masih Jadi PR
Terkait Jukir Liar dan Raibnya Helm Dinas TNI di Pasar Sentral
Perumda Parkir Makassar: Terkait Jukir Liar dan Raibnya Helm Dinas TNI di Pasar Sentral