Pemukulan Seorang Wartawan Memicu Aksi Demo Insan Pers Di Matra

Pasangkayu – RakyatSulawesi – Aksi pemukulan yang menimpa Adding Marurung wartawan Media Cetak Kibar Indonesia yang kejadiannya di SPBU Kota Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Matra) , Senin (03/11-2014) memicu aksi Demo Insan Pers Di Kab Matra, Selasa (04/11-2014) . Melalui Forum Wartawan Mamuju Utara (FORMAT), Insan Pers yang ada di Kab Matra melakukan aksi Demo dari Bundaran Kota Pasangkayu menuju kantor Polrestabes Matra. Dalam orasinya, Insan Pers menuntut agar pihak Kepolisian serius menangani aksi pemukulan yang dilakukan salah seorang oknum pegawai SPBU tersebut terhadap Wartawan dengan mengikut sertakan Undang-undang (UU) Pers No 40 Tahun 1999 tentang Pers situ sendiri dan Insan Pers juga mengutuk keras aksi pemukulan tersebut dan meminta agar Pihak Kepolisian mengungkap dalang dari Mafia BBM yang ada di Kab. Matra.

Setibanya di Kantor Polres Matra, rombongan Insan Pers disambut langsung oleh Kabag Ops Polres Matra, Kompol H Bachtiar,S.Sos, dan 6 dari perwakilan Pers diterima langsung oleh Kapolres Matra, AKBP Raspani,S,IK.

Usai pertemuan dengan Kapolres Matra, Ketua FORMAT, Adam Kawilarang menjelaskan kalau Pihak Polres akan melakukan penyidikan dan telah menerima tuntutan dari rekan-rekan Pers. “saat ini pihak Kepolisian baru memberikan pasal 351 KUHP tentang penganiayaan terhadap pelaku pemukulan yang telah menimpa teman kita, namun kita sebagai Insan Pers harus mengawal proses hukumnya agar kedepannya tidak terjadi lagi hal serupa kepada teman kita yang lainnya”, terang Adam. Laporan Roy Mustari         Editor : Edison.