Tarwih Kalapas Ingatkan Keutamaan Ibadah Ramadan

Makassar l | Rakyat Sulawesi, – Bulan yang penuh berkah yang selalu dinanti-nantikan oleh umat islam, bulan suci Ramadan, menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia, karena di bulan suci Ramadan segala aktivitas yang dilakukan oleh umat muslim bernilai ibadah disisi Allah SWT.

Berdasarkan hitungan kalender Hijriah 1 Ramadan jatuh pada senin (6/5/19) oleh sebab itu pelaksanaan tarwih dilaksanakan pada minggu malam (5/5/19), sukacita bulan Ramadan juga dirasakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar.

Terlihat WBP beramai-ramai memadati masjid Dakwatul Ikhsan Lapas Makassar seraya melaksanakan sholat isya berjama’ah yang dilanjutkan dengan sholat tarwih, turut hadir ditengah-tengah WBP, Kepala Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono yang dalam kesempatan ini memberikan sambutan kepada seluruh jama’ah.

Budi menyampaikan bahwa tatkala melaksanakan seluruh aktivitas pembinaan baiknya WBP senantiasa diselingi dengan memperbanyak ibadah dibulan yang penuh berkah “marhaban ya Ramadan, detik demi detik, waktu yang berjalan dibulan suci ini merupakan berlian, maka hendaknya kita untuk lebih memperbanyak ibadah, memperbanyak berdoa, dan mengutamakan sholat berjamaah disamping aktivitas sehari-hari” tutur Budi Sarwono.

Dalam hal ini, Budi Sarwono juga berpesan bahwa mengingat kondisi Lapas Kelas I Makassar harus selalu dalam keadaan kondusif dan steril, pelaksanaan sholat tarwih akan diputar sesuai jadwal blok yaitu setiap malam akan dibuka 2 blok bergiliran untuk melaksanakan ibadah Sholat Tarwih di Masjid Dakwatul Ikhsan Lapas Kelas I Makassar, namun WBP tetap dianjurkan untuk beribadah Tatwih di kamar masing-masing.

“Mengingat Lapas Kelas I Makassar harus tetap dalam keadaan terjaga, aman, dan steril maka akan kita berlakukan perputaran blok. Setiap malam hanya 2 blok yang akan dibuka untuk melaksanakan tarwih, namun blok yang tidak dibuka saya harap dapat melaksanakan tarwih di kamarnya, mengingat bulan Ramadan yg penuh dengan keberkahan maka mari bersama-sama kita kumpulkan amalan sholeh” jelas Budi Sarwono.

Menutup sambutannya Budi Sarwono berharap pelaksanaan kegiatan amalia Ramadan dapat dimanfaatkan oleh WBP dengan baik. Kegiatan Malam pertama tarwih ini dilanjutkan dengan ceramah singkat yang dibawakan oleh Kepala Pengamanan Lapas Kelas I Makassar, Mutzaini, dan dilanjutkan dengan Shalt Tarwih yang diimani Ilham salah satu Staff Lapas Kelas I Makassar.

Laporan : www.rakyatsulawesi.com