Search
Close this search box.
Rakyat Sulawesi Jasa Pembuatan dan penayangan Artikel berita Seo

Sulsel Gelar Lomba Sadar Wisata, Rongkong Tana Masakke' Kampiun Sulsel ke Jakarta

MAKASSAR I Mengikuti perkembangan Wisata Dinas Pariwisata Sulawesi-Selatan(Sulsel) menggelar lomba Sadar Wisata, Jumat(29/11) kemarin, penetapan yang berlokasi di hotel Grand Celino Makassar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata(Disbudpar) Sulawesi-Selatan diwakili Kepala Bidang Penfembangan Sumber Daya Parawisata Bruno S Rantetana menjelaskan, lomba Kelompok Sadar Wisata guna untuk membangkitkan gairah masyarakat atau mengembangkan pariwisata minimal di lingkungannya masing masing menjadi sebuah destinasi.

“Kami sangat mengharapkan dengan adanya Kelompok Sadar Wisata di setiap wilayah Sulsel ini, agar termotivasi untuk mengembangkan pariwisata, menjaga kebersihan lingkungan, sungai, hutan serta mengembangkan ekonomi kreatif dan sebagainya untuk mensejahterakan warga sekitarnya,” terang Bruno.

Pemerintah lanjut Bruno S Rantetana, harus mendorong, membangkitkan gairah masyarakat agar bisa menyadari bahwa saat ini pariwisata bukan sekedar jalan- jalan lagi tetapi sudah menjadi sektor ekonomi yang sangat kompotitif.

Baca:

Bruno menjelaskan, dalam persaingan pariwisata internasional dunia pariwisata inilah yang biasanya sangat eksis didunia ekonomi internasional.”Kalau misalnya ada krisis moneter, keuangan, dan ekonomi tidak akan menghalangi orang berjalan dari satu wilayah ke wilayah yang lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang kompotitif untuk saat ini, maka diangkat oleh Presiden sebagai salah satu sektor ekonomi yang diharapkan akan memperbesar “Devisa Negara” serta memperbanyak lapangan kerja dan pendapatan asli masyarakat setempat.

Lomba yang digagas oleh Dinas Pariwisata Propinsi guna untuk “menumbuh kembangkan kesadaran berpariwisata, sehingga kelompok ini tidak hanya menjadi kelompok mati tapi menjadi kelompok yang aktif”.

Sementara itu Ketua Dewan juri, Baharuddin Solongi mrngungkapkan bahwa, penilaian dilakukan dengan mengacu pada regulasi dari Kementerian Kebudayaan dan Keparawisataan Republik Indonesia tentang Sadar Wisata.

” Menurut Baharuddin Solongi, terpilihnya Kelompok Sadar Wisata dari Rante Kasimpo Kecamatan Rongkong, Kabupaten Lutra, Sulsel, itu berdasarkan pengamatan langsung tim penilai di lokasi setiap Kabupaten, yakni kelengkapan administrasi kelompok, pelaporan, dokumen yang kelompok sadar wisata(Pokdarwis) yang diserahkan ke tim Disbudpar Sulsel, dan Pokdarwis Rante Kasimpo paling tertinggi nilainya paling tertinggi,” jelas Jetua Dewan Juri, seraya menambahkan unsur yang dinilai yakni implementasi nilai-nilai sapta pesona, kelembagaan, dan dokumentasi aktivitas Pokdarwis selama didirikan.

Ada 11 Pokdarwis yang ikut berkompetisi di Sulsel, Pokdarwis Rante Kasimpo dari Kecamatan Rongkong mempunyai keunggulan kata Baharuddin Solongi yaitu, masyarakat setempat memiliki beragam pilihan souvenir yang bernilai ekonomi tinggi seperti batik, selendang tenun khas Rongkong, ada Kopi, madu hutan dan pernik-pernik menarik lainnya, serta atraksi tarian khas Rongkong yang diperankan oleh anggota Pikdarwis, juga permainan tradisionil yang dipertunjukkan anggota sehingga menarik perhatian para pengunjung wisatawan.

Pokdarwis Rante Kasimpo, sambung Baharuddin sudah melengkapi diri dengsn home stay yang tentu juga memberikan keuntungan ekonomi secara langsung bagi warga yang mrngelola home stay tersebut.

Sekadar diketahui untuk juara I Pokdarwis Rante Kasimpo Rongkong dari Luwu Utara yang juga dijuluki Bumi Lamaranginang, juara II Pokdarwis Pinus Rombeng Bantaeng, juara III Pokdarwis Lereng Citta Soppeng.
Dan juara harapan 1 Pokdarwis A’bulo Sibatang Pangkep, juara harapan 2 Batupake Gojeng Sinjai dan juara harapan 3 Pokdarwis Londa Toraja Utara.

Sementara itu juga Kepala Dinas Budpar Luwu Utara, Yasir Taba mengatakan, juara yang diraih Pokdarwis dari Kecamatan Rongkong Tana Masakke’ Lipu Maraninding, itu membutuhkan proses dan tidak mungkin sekali jadi, tapi tidak bosan-bosannya kami menghimbau agar Sapta Pesona untuk destinasi parawisata ini menjadi bagian dari kehidupan kita semua masyarakat Bumi Lamaranginang(Lutra, red).

“Bagaimana memelihara kenyamanan, kesejukan, kebersihan serta tempat wisata tersebut agar selalu bersih,” imbau Yasir Taba.

 

Laporan (www.rakyatsulawesi.com)

Berita Terkait Lainnya

Polsek Tebing Tinggi Lakukan Pengamanan saat Ibadah Minggu
IMG-20230402-WA0001
Diet Keto Mampu Mengontrol Gula Darah
Dinas Pendidikan Kota Makassar
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar
Ashari Sitaba Alami Kecelakaan di Poros Takalar
Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Merekam Video Berdurasi Panjang, Simak Ketentuannya
Disutradarai Hanung Bramantyo, Film Adaptasi Kehidupan Laura Anna Bakal dirilis Tahun Ini
Screenshot-2024-04-24-at-8.17
Tokoh Pers dan Perfilman Nasional Salim Said Meninggal Dunia
Diet Keto Mampu Mengontrol Gula Darah
Gabungan Pemerintah Dan Lembaga di Kolaka Utara Bantu Korban Banjir di Konut, Bukti Bagusnya Hubungan Kerja
IMG-20240519-WA0053
Kompak Pakai Daster, Emak-emak Kelurahan Kadia Dukung WON 
IMG-20240518-WA0014
Viral! Gaung #Kita Percaya WON Sudah Sampai di Jati Mekar Kendari
IMG-20240517-WA0028
Galang Tanda Tangan Dukungan Warga Alesowi-Alolama buat Wa Ode Nurhayati 
Gunung-Fuji-1
Abdul Muslim, Balon Bupati Muna Pertama yang di Undang PKB Ikuti UKK
Gedung-Teatar-Isi-Yogyakarta
Disparpora Ungkap Begini Soal Venue Tinju PON XXI di Siantar
800_03
Mahasiswa Teknik Ini Buat Prototipe Robot Pendeteksi Korban Bencana Alam
PSX_20240509_172716
Jennifer Lopez dan Ben Affleck Dikabarkan Pisah Rumah
1715678566082-2048x684-1
Kecamatan Medan Selayang Jadi Juara Umum MTQ ke 57
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Dinas PU Makassar
Dinas PU Makassar
Kontainer Digembok, Warga Butung Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
Kontainer Digembok, Warga Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"