Search
Close this search box.

KPLP, Mutzaini Salah Satu Dampak Pembangunan ZI-WBK Terletak di Sini

Table of Contents

Makassar l | Rakyat Sulawesi, – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar dewasa ini sedang giat-giatnya membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)  yang berdampak pada sistem pelayanan baik pada Warga Binaan Pemasyarakatan maupun pengunjung Lapas Kelas I Makassar

Salah satu yang mendapatkan dampak pembangunan ZI-WBK tersebut pada alur kunjungan di Lapas Kelas I Makassar. Diketahui alur kunjungan yang semula bersekat-sekat kini diubah lebih teratur dan tertib, sehingga petugas lebih mudah memantau pengunjung yang masuk di Lapas Kelas I Makassar.

Untuk menilai perubahan tersebut, sebuah Box Penilaian Masyarakat terhadap kualitas penyelenggaraan pemerintahan pada sistem pelayanan kunjungan di Lapas Kelas I Makassar diluncurkan, yang bertujuan sebagai Indeks penilaian pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat terhadap pelayanan Lapas Makassar.

“Sebenarnya box ini sudah dari dulu ada cuman diperbaiki lagi dan dirubah lokasi penempatannya, dulu dipasang di luar pintu utama Lapas, kini dipasang di antara pintu 2 dan 3 jadi ketika pengunjung keluar dari pintu 3 mereka dapat lebih mudah memberikan nilai karena lebih dekat” jelas Mutzaini selaku Kepala Pengamanan Lapas Kelas I Makassar.

Box penilaian yang berwarna hijau ini memiliki opsi penilaian yakni, baik, sangat baik, dan baik sekali, timbul pertanyaan mengapa opsi box penilaian tersebut hanya baik, dikarenakan perubahan alur kunjungan dan layanan telah berdasar pada Sistem Operasional Prosedur (SOP) sehingga pengunjung dianggap telah merasakan perubahan dan peningkatan kualitas kunjungan yang lebih baik.

“Banyak pertanyaan yang muncul mengapa hanya ada baik saja di box pelayanannya, nah ini karena alur kunjungan sudah dirombak 180 derajat dan berdasarkan pada SOP sehingga pengunjung langsung merasakan perubahannya dari yang sebelumnya” tutur Mutzaini.

Selama ini masyarakat luar Lapas banyak yang tidak mengetahui pentingnya penilaian pelayanan, diharapkan dengan lebih dekatnya tempat box penilaian ini dapat membantu masyarakat dalam menilai kinerja Lapas Kelas I Makassar dan membantu Lapas Makassar dalam membangun ZI-WBK.

Laporan : www.rakyatsulawesi.com

Rekomendasi Hotel di Kaliurang Jogja
Villa Kaliurang Indah: Penginapan Romantis dengan Pemandangan Gunung
5 Rekomendasi Jasa Fotografer Liburan di Jogja, Moment Seru Harus Diabadikan Dong!
Abadikan Momen Seru Liburan Anda dengan Fotografer Handal di Jogja
Vietnam Airlines Buka Penerbangan ke Munich
Vietnam Airlines Terbang ke Destinasi Baru: Munich
Garrya Residences Pertama Diluncurkan di Phuket
Garrya Residences: Pilihan Terbaik untuk Hunian di Phuket
8 Proyek Jalan di Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Perumda Parkir Makassar Raya: Jukir Tidak Ditarget Dengan Karcis
Perumda Parkir Makassar Raya: Jukir Tidak Ditarget Dengan Karcis
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar dan Perumda Parkir Makassar Masih Jadi PR
Jukir Liar dan Perumda Parkir Kota Makassar Masih Jadi PR
Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
10 Daftar Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
5 Pentolan KKB, dari Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya
5 Pentolan KKB, dari Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya