Dianggarkan Sejak Tahun 2011, Apa Kabar Stadion Barombong

RAKYATSULAWESI.COM.COM – Pembangunan stadion Barombong yang menghabiskan dana rakyat sejak tahun 2011, hingga kini belum memberikan manfaat bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

Stadion yang direncanakan akan menjadi salah satu ikon infrastruktur bernilai ratusan miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), kembali dianggarkan tahun ini melalui APBD senilai Rp95 Miliar.

Stadion Barombong yang awal pembangunannya dianggarkan melalui kucuran APBN tahun 2011 sebesar Rp. 14,5 miliar. Selanjutnya tahun 2012 dapat lagi sebesar Rp. 10,5 miliar. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan Prestasi Olahraga Dinas kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Muhlis Mallajareng, disela kunjungan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo ke Stadion Barombong mengakui hal tersebut.beberapa waktu lalu.

Belum Rampung, Stadion Barombong Direncanakan Jadi Lokasi HUT ke-348 Sulsel

Dan tahun 2013, anggaran APBN dari pemerintah pusat sempat terhenti dan ditutupi oleh APBD sebesar Rp3 miliar. Tahun 2014, APBN untuk Stadion Barombong kembali mengucur sebesar Rp.17, 3 miliar disokong dengan APBD sebesar Rp. 20 miliar dan akhirnya anggaran APBN berhenti total. Dengan demikian, anggaran APBN yang diterima stadion Barombong berjumlah Rp. 42,3 miliar.

Menutupi kekurangan anggaran, pemerintah provinsi kembali menganggarkan APBD tahun 2015 sebesar Rp. 25 miliar untuk stadion tersebut. Tahun 2016 sebesar Rp. 17 miliar dan tahun 2017 kembali dikucurkan Rp. 95 miliar. Dengan demikian, total APBD yang dianggarkan pemprov untuk pembangunan Stadion Barombong selama 5 tahun sebesar Rp. 160 miliar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penuda dan Olahraga Sulsel Sri Endang Sukarsih mengatakan, pihaknya akan tetap berupaya memaksimalkan pengerjaan stadion Barombong.

Dan untuk target hingga 31 Desember tahun ini (2017), seluruh tribun sudah harus terbangun. Dan awal tahun atapnya dibuatkan, ungkap Sri Endang.

Untuk pencapaian target, sebagai upaya yang dilakukan Pemprov, pengerjaan stadion barombong dikerjakan dengan tiga shift, jelasnya ke media belum lama ini.

Setelahnya, akan difokuskan untuk mempercantik di awal tahun hingga Maret 2018, terangnya.|Ahmad