Search
Close this search box.
Rakyat Sulawesi Jasa Pembuatan dan penayangan Artikel berita Seo

Panduan Lengkap Sholat Tiang Agama: Pentingnya, Manfaat, dan Rahasia Kekhusyukan

Sholat merupakan tiang agama Islam. Sholat adalah ibadah ritual yang diwajibkan bagi setiap muslim yang telah baligh dan berakal sehat. Sholat dikerjakan sebanyak 5 waktu dalam sehari, yaitu sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Sholat memiliki banyak sekali manfaat, baik secara spiritual maupun jasmani. Dari segi spiritual, sholat dapat mendekatkan diri seorang hamba kepada Tuhannya. Sholat juga dapat menjadi sarana untuk berdoa dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Sedangkan dari segi jasmani, sholat dapat menjaga kesehatan tubuh karena gerakan-gerakan yang dilakukan saat sholat dapat melancarkan peredaran darah dan melatih otot-otot tubuh.

Sholat memiliki sejarah yang panjang dalam ajaran Islam. Sholat pertama kali diwajibkan kepada umat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW. Pada awalnya, sholat diwajibkan sebanyak 50 waktu dalam sehari, namun kemudian dikurangi menjadi 5 waktu saja. Sholat menjadi salah satu rukun Islam yang sangat penting dan menjadi penanda identitas seorang muslim.

sholat tiang agama

Sholat merupakan rukun Islam yang sangat penting. Sholat memiliki banyak sekali manfaat, baik secara spiritual maupun jasmani. Berikut adalah 9 aspek penting terkait sholat tiang agama:

  • Ibadah wajib: Sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang telah baligh dan berakal sehat.
  • Tiang agama: Sholat merupakan tiang agama Islam. Artinya, sholat adalah penopang utama agama Islam.
  • Penanda identitas: Sholat menjadi salah satu penanda identitas seorang muslim.
  • Sarana komunikasi: Sholat menjadi sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya.
  • Sarana pembersihan dosa: Sholat dapat menjadi sarana untuk membersihkan dosa-dosa yang telah diperbuat.
  • Pelatihan jasmani: Gerakan-gerakan yang dilakukan saat sholat dapat melatih otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah.
  • Ketenangan batin: Sholat dapat memberikan ketenangan batin dan dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan konsentrasi.
  • Disiplin waktu: Sholat mengajarkan kita untuk disiplin waktu karena sholat harus dikerjakan pada waktu-waktu tertentu.
  • Kesabaran dan keikhlasan: Sholat melatih kesabaran dan keikhlasan karena sholat harus dikerjakan dengan sabar dan ikhlas.

Sembilan aspek tersebut saling terkait dan sangat penting untuk dipahami oleh setiap muslim. Sholat tidak hanya sekedar kewajiban, tetapi juga merupakan kebutuhan spiritual yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa menjaga sholat kita dengan sebaik-baiknya.

Ibadah Wajib

Sebagai rukun Islam yang pertama, sholat merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap muslim yang telah baligh dan berakal sehat. Kewajiban ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.”

Status sholat sebagai ibadah wajib memiliki implikasi yang sangat penting. Pertama, sholat menjadi penentu identitas seorang muslim. Seseorang yang tidak mengerjakan sholat dapat dianggap keluar dari ajaran Islam. Kedua, sholat menjadi ukuran keimanan seseorang. Semakin baik dan khusyuk sholat seseorang, maka semakin tinggi pula kualitas keimanannya.

Selain itu, sholat juga memiliki banyak sekali manfaat, baik secara spiritual maupun jasmani. Secara spiritual, sholat dapat mendekatkan diri seorang hamba kepada Tuhannya, memberikan ketenangan batin, dan menjadi sarana pengampunan dosa. Sedangkan secara jasmani, sholat dapat melatih kedisiplinan, kekhusyuan, dan konsentrasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk memahami dan mengamalkan sholat dengan sebaik-baiknya. Sholat bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi juga merupakan kebutuhan spiritual yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Tiang agama

Konsep “sholat tiang agama” merupakan sebuah ungkapan yang menggambarkan pentingnya sholat dalam ajaran Islam. Sholat tidak hanya sekedar kewajiban ritual, tetapi juga merupakan pilar penyangga agama Islam.

Sebagai tiang agama, sholat memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan seorang muslim. Sholat menjadi sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Melalui sholat, seorang muslim dapat mengungkapkan rasa syukur, permohonan, dan pengagungan kepada Allah SWT.

Selain itu, sholat juga berfungsi sebagai penanda identitas seorang muslim. Seseorang yang tidak mengerjakan sholat dapat dianggap keluar dari ajaran Islam. Hal ini menunjukkan bahwa sholat memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas dan karakter seorang muslim.

Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk memahami dan mengamalkan sholat dengan sebaik-baiknya. Sholat bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi juga merupakan kebutuhan spiritual yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Penanda identitas

Sholat merupakan salah satu penanda identitas seorang muslim karena sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang telah baligh dan berakal sehat. Sholat juga merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting, sehingga orang yang tidak mengerjakan sholat dapat dianggap keluar dari ajaran Islam.

Sebagai penanda identitas, sholat memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan jati diri seorang muslim. Seseorang yang senantiasa mengerjakan sholat dengan baik dan benar akan memiliki karakter yang kuat dan kokoh, serta memiliki rasa syukur dan cinta yang mendalam kepada Allah SWT.

Selain itu, sholat juga menjadi salah satu ciri khas yang membedakan antara seorang muslim dengan non-muslim. Hal ini dikarenakan sholat merupakan ibadah yang unik dan tidak terdapat pada agama-agama lain. Oleh karena itu, sholat menjadi salah satu penanda identitas yang sangat penting bagi seorang muslim.

Sarana komunikasi

Dalam konteks “sholat tiang agama”, sholat berperan sebagai sarana komunikasi yang sangat penting antara seorang hamba dengan Tuhannya. Melalui sholat, seorang muslim dapat mengungkapkan rasa syukur, permohonan, dan pengagungan kepada Allah SWT.

  • Ungkapan rasa syukur: Sholat merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Dalam sholat, seorang muslim dapat memanjatkan puji-pujian dan doa-doa sebagai bentuk rasa terima kasih atas segala kebaikan yang telah diterimanya.
  • Permohonan: Sholat juga menjadi sarana untuk menyampaikan permohonan kepada Allah SWT. Seorang muslim dapat memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat, memohon petunjuk dan jalan keluar dari kesulitan, serta memohon segala kebaikan yang dibutuhkannya.
  • Pengagungan: Sholat merupakan salah satu bentuk pengagungan kepada Allah SWT. Melalui sholat, seorang muslim dapat menunjukkan kerendahan hati dan kebesaran Allah SWT. Dalam sholat, seorang muslim juga dapat merenungkan keagungan Allah SWT dan kekuasaan-Nya.
  • Menjalin hubungan pribadi: Sholat juga menjadi sarana untuk menjalin hubungan pribadi dengan Allah SWT. Melalui sholat, seorang muslim dapat merasakan kehadiran Allah SWT dan semakin dekat dengan-Nya. Sholat juga dapat menjadi sarana untuk mengintrospeksi diri dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

Sebagai sarana komunikasi yang sangat penting, sholat memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan seorang muslim. Melalui sholat, seorang muslim dapat membangun hubungan yang erat dengan Tuhannya, memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan mendapatkan petunjuk dan jalan keluar dari kesulitan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk memahami dan mengamalkan sholat dengan sebaik-baiknya.

Sarana pembersihan dosa

Dalam konteks “sholat tiang agama”, sholat memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana pembersihan dosa. Sholat dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh seorang muslim, sehingga dapat menjaga kesucian dan kebersihan jiwa.

Sholat berperan sebagai pembersih dosa karena beberapa alasan:

  • Perintah Allah SWT: Dalam Al-Qur’an, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan sholat sebagai bentuk taubat dan penghapus dosa. Dalam surat Hud ayat 114, Allah SWT berfirman, “Dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” Ayat ini menunjukkan bahwa sholat memiliki peran penting dalam menghapus dosa dan mencegah seseorang dari perbuatan tercela.
  • Hadis Nabi Muhammad SAW: Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sholat lima waktu, sholat Jumat ke sholat Jumat berikutnya, dan puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya, adalah penghapus dosa-dosa di antara keduanya selama dosa-dosa besar dijauhi.” Hadis ini menunjukkan bahwa sholat lima waktu dan sholat Jumat memiliki peran penting dalam menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh seorang muslim.

Memahami peran sholat sebagai sarana pembersihan dosa sangat penting bagi setiap muslim. Hal ini mendorong kita untuk senantiasa melaksanakan sholat dengan baik dan benar, sehingga dapat menjaga kesucian jiwa dan terhindar dari dosa-dosa.

Pelatihan jasmani

Dalam konteks “sholat tiang agama”, aspek pelatihan jasmani yang terkandung dalam sholat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup seorang muslim. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat sholat, seperti rukuk, sujud, dan berdiri, bermanfaat untuk melatih otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah.

  • Penguatan otot: Gerakan rukuk dan sujud dalam sholat membantu memperkuat otot-otot paha, betis, dan punggung. Gerakan-gerakan ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.
  • Melancarkan peredaran darah: Gerakan-gerakan sholat yang melibatkan perubahan posisi, seperti berdiri, rukuk, dan sujud, membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Meningkatkan kebugaran: Melaksanakan sholat secara teratur dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Gerakan-gerakan sholat yang dilakukan secara berulang dapat membantu membakar kalori, meningkatkan stamina, dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mencegah cedera: Gerakan-gerakan sholat yang dilakukan dengan benar dapat membantu mencegah cedera pada otot dan persendian. Gerakan-gerakan ini membantu meregangkan dan memperkuat otot-otot tubuh, sehingga mengurangi risiko keseleo, kram, dan nyeri otot.

Dengan demikian, aspek pelatihan jasmani dalam sholat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan dan keseimbangan hidup seorang muslim secara keseluruhan. Sholat menjadi sarana yang komprehensif untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan keseimbangan antara keduanya.

Ketenangan batin

Dalam konteks “sholat tiang agama”, aspek ketenangan batin yang terkandung dalam sholat memiliki peran penting dalam membentuk pribadi muslim yang seimbang dan tenteram. Sholat mengajarkan kita untuk mengendalikan pikiran dan emosi, sehingga dapat mencapai ketenangan batin dan konsentrasi yang lebih baik.

Ketenangan batin yang diperoleh dari sholat memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah:

  • Mengurangi stres dan kecemasan.
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus.
  • Meningkatkan kreativitas dan produktivitas.
  • Membantu mengatasi masalah tidur.
  • Meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dengan demikian, aspek ketenangan batin dalam sholat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rohani, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan hidup seorang muslim secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa sholat merupakan sarana yang komprehensif untuk menjaga ketenangan batin dan keseimbangan hidup, sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan keseimbangan antara dunia dan akhirat.

Disiplin waktu

Dalam konteks “sholat tiang agama”, aspek disiplin waktu memiliki peran penting dalam membentuk karakter seorang muslim yang disiplin dan teratur. Sholat mengajarkan kita untuk menghargai waktu dan mengerjakan segala sesuatu pada waktu yang tepat.

  • Perintah Allah SWT: Sholat merupakan perintah Allah SWT yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim yang telah baligh. Allah SWT telah menetapkan waktu-waktu tertentu untuk melaksanakan sholat, yaitu sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya. Dengan mengerjakan sholat pada waktu yang telah ditentukan, kita menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT dan menghargai waktu yang telah diberikan.
  • Latihan kedisiplinan: Melaksanakan sholat pada waktu yang tepat merupakan latihan kedisiplinan yang sangat baik. Kita harus mengatur waktu kita dengan baik agar dapat melaksanakan sholat tepat waktu, meskipun kita sedang sibuk atau banyak aktivitas. Dengan demikian, sholat mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang disiplin dan tidak menunda-nunda pekerjaan.
  • Manfaat dalam kehidupan sehari-hari: Kedisiplinan waktu yang kita pelajari dari sholat dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Kita akan menjadi lebih menghargai waktu dan menggunakan waktu secara lebih efektif. Hal ini dapat berdampak positif pada produktivitas, prestasi, dan kesuksesan kita secara keseluruhan.

, aspek disiplin waktu dalam sholat tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan rohani, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter dan kesuksesan hidup seorang muslim secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa sholat merupakan sarana yang komprehensif untuk membentuk pribadi muslim yang disiplin, teratur, dan sukses, sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya disiplin dan manajemen waktu yang baik.

Kesabaran dan keikhlasan

Dalam konteks “sholat tiang agama”, aspek kesabaran dan keikhlasan memiliki peran penting dalam membentuk karakter seorang muslim yang sabar dan ikhlas. Sholat mengajarkan kita untuk bersabar dalam menghadapi kesulitan dan ikhlas dalam menjalankan segala perintah Allah SWT.

Kesabaran dan keikhlasan merupakan dua sifat yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Kesabaran mengajarkan kita untuk menerima segala ujian dan cobaan dengan lapang dada, sementara keikhlasan mengajarkan kita untuk melakukan segala sesuatu hanya karena Allah SWT, tanpa mengharapkan imbalan atau pujian dari manusia.

Sholat merupakan sarana yang sangat efektif untuk melatih kesabaran dan keikhlasan. Dalam sholat, kita dituntut untuk berdiri, rukuk, sujud, dan duduk dengan tenang dan sabar. Kita juga dituntut untuk mengendalikan pikiran dan emosi kita, sehingga dapat fokus pada ibadah dan menghayati makna sholat.

Dengan melaksanakan sholat dengan sabar dan ikhlas, kita dapat memperoleh banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi segala urusan duniawi.
  • Menghilangkan rasa sombong dan tinggi hati.
  • Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Dengan demikian, aspek kesabaran dan keikhlasan dalam sholat tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan rohani, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter dan kesuksesan hidup seorang muslim secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa sholat merupakan sarana yang komprehensif untuk membentuk pribadi muslim yang sabar, ikhlas, dan sukses, sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani kehidupan.

Tanya Jawab tentang “Sholat Tiang Agama”

Sholat adalah ibadah yang sangat penting dalam Islam dan merupakan salah satu rukun Islam. Berikut adalah beberapa tanya jawab tentang sholat tiang agama:

Pertanyaan 1: Mengapa sholat disebut sebagai tiang agama?

Jawaban: Sholat disebut sebagai tiang agama karena sholat merupakan penopang utama agama Islam. Sholat menjadi penentu identitas seorang muslim dan menjadi ukuran keimanan seseorang.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat sholat?

Jawaban: Sholat memiliki banyak sekali manfaat, baik secara spiritual maupun jasmani. Manfaat spiritual sholat antara lain mendekatkan diri kepada Tuhan, memberikan ketenangan batin, dan menjadi sarana pengampunan dosa. Sedangkan manfaat jasmani sholat antara lain melatih kedisiplinan, kekhusyuan, konsentrasi, serta dapat menjaga kesehatan tubuh.

Pertanyaan 3: Apakah sholat hanya kewajiban ritual?

Jawaban: Sholat bukan hanya sekedar kewajiban ritual, tetapi juga merupakan kebutuhan spiritual yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita. Sholat menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan, memohon ampunan atas dosa, dan mendapatkan petunjuk dan jalan keluar dari kesulitan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara sholat yang benar?

Jawaban: Sholat memiliki tata cara dan gerakan tertentu yang harus dilakukan dengan benar. Tata cara sholat dapat dipelajari melalui berbagai sumber, seperti buku, website, atau bertanya langsung kepada ustadz atau guru ngaji.

Pertanyaan 5: Apa hukumnya jika meninggalkan sholat?

Jawaban: Meninggalkan sholat merupakan dosa besar dalam Islam. Seorang muslim yang meninggalkan sholat dapat dianggap keluar dari ajaran Islam.

Pertanyaan 6: Apa saja tips untuk khusyuk dalam sholat?

Jawaban: Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk khusyuk dalam sholat, antara lain: memahami arti bacaan sholat, fokus pada gerakan sholat, dan menjauhkan pikiran dari hal-hal duniawi.

Demikianlah beberapa tanya jawab tentang sholat tiang agama. Semoga bermanfaat.

Artikel selanjutnya: Pentingnya Sholat Berjamaah

Tips Sholat Tiang Agama

Sholat merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Berikut adalah beberapa tips untuk melaksanakan sholat dengan baik dan khusyuk:

Tip 1: Pahami makna bacaan sholat

Memahami makna bacaan sholat akan membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam sholat. Kita dapat mempelajari makna bacaan sholat melalui berbagai sumber, seperti buku, website, atau bertanya langsung kepada ustadz atau guru ngaji.

Tip 2: Fokus pada gerakan sholat

Fokus pada gerakan sholat akan membantu kita untuk lebih hadir dan konsentrasi dalam ibadah. Hindarilah pikiran-pikiran yang tidak perlu dan fokuslah pada gerakan dan bacaan sholat.

Tip 3: Menjauhkan pikiran dari hal-hal duniawi

Pikiran yang teralihkan oleh hal-hal duniawi dapat mengganggu kekhusyukan sholat. Cobalah untuk menjauhkan pikiran dari hal-hal tersebut dan fokuslah pada ibadah yang sedang dikerjakan.

Tip 4: Berwudhu dengan baik

Berwudhu dengan baik merupakan salah satu syarat sah sholat. Selain itu, berwudhu juga dapat membantu kita untuk lebih segar dan fokus dalam sholat.

Tip 5: Mencari tempat yang tenang

Jika memungkinkan, carilah tempat yang tenang untuk melaksanakan sholat. Tempat yang tenang akan membantu kita untuk lebih khusyuk dan tidak terganggu.

Tip 6: Sholat berjamaah

Sholat berjamaah memiliki banyak keutamaan dibandingkan sholat sendirian. Sholat berjamaah dapat meningkatkan kekhusyukan dan kebersamaan antar sesama muslim.

Tip 7: Memperbanyak doa

Memperbanyak doa setelah sholat dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Doa juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan, petunjuk, dan segala kebaikan.

Tip 8: Menjaga kekhusyukan setelah sholat

Kekhusyukan dalam sholat tidak hanya terbatas pada saat sholat saja. Setelah sholat, kita juga harus menjaga kekhusyukan dengan menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan sholat, seperti berbicara kotor atau melakukan perbuatan maksiat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat melaksanakan sholat dengan lebih baik dan khusyuk. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pentingnya Sholat Berjamaah

Kesimpulan

Sholat merupakan tiang agama Islam. Sholat memiliki banyak sekali manfaat, baik secara spiritual maupun jasmani. Sholat juga merupakan sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk memahami dan mengamalkan sholat dengan sebaik-baiknya.

Dalam artikel ini, kita telah mengeksplorasi berbagai aspek penting terkait sholat tiang agama, antara lain: kewajiban sholat, manfaat sholat, sholat sebagai penanda identitas, sholat sebagai sarana komunikasi, sholat sebagai sarana pembersihan dosa, sholat sebagai pelatihan jasmani, sholat sebagai sarana ketenangan batin, sholat sebagai sarana disiplin waktu, dan sholat sebagai sarana kesabaran dan keikhlasan. Memahami aspek-aspek ini akan membantu kita untuk mengapresiasi pentingnya sholat dan melaksanakannya dengan lebih baik dan khusyuk.

Youtube Video:

The post Panduan Lengkap Sholat Tiang Agama: Pentingnya, Manfaat, dan Rahasia Kekhusyukan appeared first on Biotifor.

Berita Terkait Lainnya

Niat Buka Puasa Dan Artinya
Manfaat Daun Tapak Kuda : Apotek Alam Yang Tersembunyi
Ini Khasiat Minyak Ikan untuk Bayi, Penemuan Langka yang Wajib Diketahui
Tri Koro Dharmo Adalah Organisasi Keagamaan Ki Ageng Suryomentaram
Temukan Manfaat Centella Asiatica yang Jarang Diketahui
Panduan Lengkap: Jumlah Tulang Rusuk dan Kepentingannya
Tanri Abeng Meninggal Dunia, JK: Almarhum Teman Sekolah Saya Semasa di Makassar
Cristiano Ronaldo Ungkap Trik Tetap Bugar sampai Bisa Tampil di 6 Edisi Piala Eropa
Asripan Nani Lantik Pengurus BAZNAS Kotamobagu Periode 2023-2028
Resmi! La Ode Darwin Diusung Partai NasDem Tarung Pilkada Mubar 2024
Yudhianto Mahardika Dapat Dukungan Emak-emak Gemoy dan Kerabat
Dapat Dukungan Parpol, Calon Bupati Sumarling Majja Pastikan Tarung Pilkada Kolaka Utara 2024-2029 
05-31-24_GHIW_Villa-Patio-Rendering__thumbnail_2-1
Tepis Isu yang Beredar, La Ode Asrafil: Saya Tetap Solid Bersama Bachrun Labuta di Pilkada Muna
9 Rekomendasi Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi, Solusi Terbaik untuk Masalah Tulang dan Cedera
Partai Perindo Berikan Surat Tugas ke Yudhianto Mahardika Maju Cawalkot Kendari
Intur-2024-PC-1
Festival Indonesia Bertutur Digelar Agustus 2024
simkel
Jadwal dan Lokasi SIM Corner Sleman Terbaru Bulan Juni 2024, Cek Syarat Perpanjangan di Sini
krl
Jadwal KRL Jogja-Solo Terbaru Bulan Juni 2024, Cek Infonya di Sini
Hotel-Exterior-1
Nostalgia Gedung Hotel Kolonial Tua di Jakarta
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Dinas PU Makassar
Dinas PU Makassar
Kontainer Digembok, Warga Butung Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
Kontainer Digembok, Warga Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"