Search
Close this search box.
Rakyat Sulawesi Jasa Pembuatan dan penayangan Artikel berita Seo

Kemendag Sosialisasi Aturan Baru Pemisahan Medsos dan e-Commerce


Baca:

Jakarta

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31 tahun 2023. Regulasi ini membahas terkait dengan aturan baru untuk menjalankan aktivitas jual-beli di toko online.

Adapun Permendag 31/2023 ini merupakan revisi dari Permendag50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Revisi ini didorong untuk meningkatkan perlindungan terhadap UKM dan pelaku usaha dalam negeri.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha online menyangkut regulasi baru ini. Ia menjamin, sosialisasi akan terus dilakukan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Hampir sama dengan pas sama Pak Menteri pekan lalu. Cuman yang ini lebih teknis aja, ada beberapa yang tidak disampaikan pas press conference pekan lalu,” kata Isy, kepada detikcom, Senin (2/10/2023).

Isy mengatakan, hari ini merupakan sosialisasi pertamanya. Barusan acara dilangsungkan dari pukul 14.00 s.d 16.00 di Kantor Kementerian Perdagangan. Acara ini mengundang perwakilan dari operator toko online, termasuk di antaranya TikTok, Shopee, Tokopedia, dan para anggota Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).

“Saya tidak hafal siapa saja yang hadir dan tidak, tapi saya lihat tadi pengurus idEA banyak yang datang. Ini kan juga digelar hybrid, jadi saya enggak hafal betul,” ujarnya.

Lebih lanjut Isy menekankan, sosialisasi tidak akan berhenti dilakukan. Dirinya juga membuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk bisa berdiskusi lebih lebih lanjut menyangkut hal-hal teknis yang hari ini belum rampung dibahas.

“Sosialisasi enggak akan berhenti. Bahkan besok pagi Pak Menteri akan sosialisasi dengan kepala daerah, dengan Kemendagri. Tadi juga, kan tadi masih ada hal teknis didiskusikan, ya silahkan saja. Kemendag sangat terbuka,” jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, beberapa waktu lalu Menteri PerdaganganZulkifliHasan (Zulhas) telah menyampaikan sejumlah arahan baru menyusul diterbitkannyaPermendag 31/2023. Pertama, pemerintah resmi melarang e-commerce menjual barang impor secara langsung (lintas negara/cross border) yang harganya di bawah US$ 100 atau sekitar Rp 1,5 juta.

“Penetapan harga minimum sebesar US$ 100 per unit, untuk barang jadi asal luar negeri yang langsung dijual oleh pedagang (merchant) ke Indonesia melalui platform e-commerce lintas negara,” ujar Zulhas dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Zulhas juga memastikan pedagang lokal bebas untuk berjualan impor dan tak terkena pelarangan ini. Di sisi lain, pedagang lokal yang membeli produknya langsung dari luar negeri dan membawanya pulang lalu dijual kembali sudah terkena bea masuk + pajak dari Bea Cukai.

Di sisi lain, pemerintah sendiri juga akan menyiapkan daftar positif alias positive list untuk sejumlah produk cross border di bawah US$ 100 yang masih diizinkan untuk di jual melalui toko online. Hal ini pun tertuang dalam pasal 19 Permendag 31/2023 yang menyebut akan disediakannya ruang bagi produk-produk tersebut.

Kemudian yang tak kalah penting, Kemendag menegaskan keberadaan media sosial sekaligus menjadi e-commerce resmi dilarang. Contohnya, TikTok yang menyelenggarakan aktivitas jual beli lewat fitur TikTok Shop.

“Yang ada itu (izin) e-commerce, social commerce belum ada izin. Jadi ini diatur media sosial kalau mau social commerce hanya untuk promosi dan iklan, kalau berjalan e-commerce ada izinnya, tinggal pilih aja pelaku usaha,” ungkap Zulhas.

Zulhas memberikan waktu seminggu untuk penyelenggara social media yang berlaku juga sebagai e-commerce seperti TikTok menyetop aktivitas jual beli. “Mulai kemarin (dilarang). Tetapi kita kasih waktu seminggu, ini kan ini sosialisasi. Besok saya surati,” tegasnya.

Zulhas mengatakan pemerintah juga mengatur sanksi jika pelaku usaha media sosial hingga e-commerce yang tidak patuh akan kebijakan yang diatur dalam Permendag 31 Tahun 2023 itu.

“Kalau masih melanggar pertama tentu akan diperingatkan, kedua ada langkah dalam undang-undang, apa itu saya lupa. Ketiga kalau tidak juga ya dicabut izinnya agar ditindak tegas, sehingga terjadi ekosistem positif di bidang ini,” ujar Zulhas.

(shc/kil)

The post Kemendag Sosialisasi Aturan Baru Pemisahan Medsos dan e-Commerce appeared first on RAKYATSULAWESI.

Berita Terkait Lainnya

Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Platoon-Exchange-
Prajurit Kowad Pimpin Apel di Kodam Jaya Bertema Hari Kartini
Para Sprinter Karisma Evi Tiarani Pecahkan Rekor Kejuaraan Dunia Lari 100 Meter di Jepang
Temukan Manfaat Kaliandra yang Jarang Diketahui, Wajib Dicoba!
Panduan Lengkap Sholat Tiang Agama: Pentingnya, Manfaat, dan Rahasia Kekhusyukan
Doa Tolak Bala yang Singkat dan Ampuh
IMG-20240526-WA0052
Sang Pemberani Emak-emak Deklarasi di Atas Perahunya, Dukung Wa Ode Nurhayati 
IMG-20240525-WA0024-1
Crew WON Tiba Di Gunung Jati Disambut Tarian Khas Warga
IMG-20240525-WA0024
Aksi Silat Muna Warnai Dukungan Warga Gunung Jati Kepada Wa Ode Nurhayati untuk Maju Pilgub Sultra
IMG-20240525-WA0007
Dukung Wa Ode Nurhayati, Relawan Gelar Makan Siang Bersama
OSK_083_aspect16x9-1
Agustus, Hotel Four Seasons Debut di Osaka
1-305-1
Siap Guncang Tokyo dan Osaka, Summer Sonic Kembali di Agustus 2024
Hole_3-1-1-1
Yang Spesial untuk Pegolf Senior dari Riverside Golf Club
gajah-putih-1
6 Restoran di Ubud: Tribute untuk Bali
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Dinas PU Makassar
Dinas PU Makassar
Kontainer Digembok, Warga Butung Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
Kontainer Digembok, Warga Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"