Tanggulangi Banjir, Sulsel Bangun Drainase dan Masterplan

Makassar – Rakyat Sulawesi, — Upaya dalam menanggulangi persoalan banjir di Kota Makassar dan beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Demikian dikatakan Kepala Satuan Kerja (Satker) Pengembangan PLP Provinsi Sulsel Ir H Hatsir Cenne’,M.Si. di ruang kerjanya Selasa, 17 Juni 2014.

Hatsir Cenne’ menjelaskan, kali ini, sasaran utamanya jalur Maminasata yang terdiri dari Kab Maros, Kota Makassar dan Kab Takalar.

Bacaan Lainnya

Tutur Hatsir, bahwa program ini sudah berjalan beberapa tahun.

“untuk tahun 2014 ini, alokasi pembangunan Drainase dalam mengantisipasi banjir jalur MAMMINASATA, Kota Makassar diprioritaskan dengan anggaran 5 Miliar, dengan titik-titik yang kami anggap rawan banjir, yakni Tala’ Salapang dan Hertasning. Sementara untuk Kab. Maros, kami Alokasikan anggaran sebesar 4 Miliar dan Kab Takalar 750 Juta”, ungkap H Hatsir.

H Hasir menambahkan, “perlu diketahui, untuk Kab Takalar, dengan anggaran 750 Juta tersebut, kami baru melakukan perencanaan Masterplane Detail Anginering Desaint (DAD) dimana pelaksanaan pekerjaannya akan kami lakukan di tahun 2015 nanti dan akan difokuskan di Kota Pattalassang Kab Takalar dengan luas area 350Ha”, terang H Hatsir.

Beliau juga menjelaskan, bahwa khusus kota Makassar sudah tahun ke-5. “hingga tahun 2014 ini, kami telah membangun Drainase di beberapa kawasan yang ada di Kota Makassar, termasuk Kawasan Bandara baru yang dulunya banjir namun saat ini kita dapat lihat, kawasan tersebut sudah tidak digenangi air”, kuncinya.

Laporan/Foto: edy, Roy, Udin

Pos terkait