Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah
Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Menikmati keindahan pesisir pantai dengan resort dan fasilitas lengkap bisa kamu nikmati di Pantai Ora. Salah satu permata menakjubkan di Pulau Seram ini memiliki pasir putih lembut yang indah. Pesonanya sudah dikenal hingga mancanegara meski untuk kesana cukup sulit dan membutuhkan cukup banyak biaya.

Bacaan Lainnya

Pulau Eksotis di Maluku ini bukan hanya sekedar destinasi liburan saja, tetapi juga pintu gerbang menyelami keajaiban alam Indonesia yang masih belum banyak dikenal. Menjadi salah satu destinasi yang belum terlalu banyak dijamah oleh keramaian wisata, lokasinya menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Menikmati pesona laut dengan privasi ala Maladewa’pun bisa kamu nikmati sepuasnya.

Lokasi & Rute

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, yaitu di Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku. Lokasinya berada di sebelah Desa Saleman dan Desa Sawai, tepatnya di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Sehingga untuk kesana, cukup sulit dan membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Dari Bandara Pattimura Ambon, bisa menuju Pelabuhan Tulehu untuk naik kapal cepat tujuan pelabuhan Amahai di Pulau Seram yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemudian, dari pelabuhan Amahi bisa menyewa kendaraan yaitu Trans Seram ke pelabuhan Desa Saleman yang memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dari pelabuhan di Desa Saleman, lanjutkan dengan naik perahu sekitar 15 menit untuk sampai di Pantai Ora.

Jadwal kapal ekspress yang menghubungkan Ambon dan Pulau Seram ada setiap dua kali sehari, yaitu :

  • Ambon (Tulehu) – Masohi (Amahai) : pukul 9 pagi dan 4 sore.
  • Masohi (Amahai) – Ambon (Tulehu) : pukul 7 pagi dan 2 sore.

Jadwal umum diatas mungkin bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi, sehingga sebaiknya mencari jadwal terlebih dahulu sebelum berangkat.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Berapa Kisaran Biaya ke Pantai Ora Maluku?

Cara ke Pantai Ora cukup sulit, sehingga membutuhkan cukup banyak biaya untuk sampai kesana. Harga yang tertera belum termasuk biaya penginapan dan akomodasi selama disana. Dari Kota Ambon, berikut kisaran rincian biayanya :

  • Taksi dari kota Ambon ke Pelabuhan Tulehu ±Rp. 150.000 atau naik angkot menuju Wali atau Tulehu ±Rp. 10.000.
  • Perahu ekspress menuju Amahi ± Rp. 135.000 – Rp. 250.000 (VIP).
  • Angkot dari Amahi Rp. 15.000 atau ojek ±Rp. 25.000 menuju Stasiun Binaiya untuk mencari mobil ke Desa Saleman atau Desa Sawai.
  • Transportasi langsung ke Pantai Ora atau Desa Saleman ±Rp. 75.000 – Rp. 100.000 (2,5 jam). Jika ke Desa Sawai ±Rp.100.000 (3,5 jam).
  • Perahu nelayan dari Desa Saleman ±Rp. 50.000 atau speedboat ±Rp. 250.000.
  • Perahu nelayan dari Desa Sawai ±Rp. 50.000 atau boat ±Rp. 100.000.

Daya Tarik Pantai Ora

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Keelokan Pantai Ora di Pulau Seram membuatnya dianggap setara dengan Maladewa dan Bora-bora. Tak heran, pantai ini menjadi destinasi favorit bagi pelancong internasional yang berkunjung ke Indonesia. Tidak hanya menawarkan pemandangan laut memikat, Pantai ini juga menyuguhkan pengalaman istimewa dengan adanya resort terapung, menjadi pilihan ideal bagi pasangan yang ingin bulan madu.

Pesona wisata Maluku ini tidak hanya terbatas pada pemandangan alamsaja guys, tetapi juga memungkinkanmu merasakan keindahan bawah lautnya. Disini kamu bisa menikmati bawah laut Pantai Ora yang cantik dari permukaan ataupun terjun langsung menyapanya di bawah air.Dengan menyediakan opsi untuk menikmati kecantikan laut dari permukaan atau menyelam langsung ke dalam air. Bagi kamu yang suka ketenangan sekaligus keindahan alam, tempat ini sangat cocok kamu kunjungi.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

1. Snorkeling & Menyelam

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Keistimewaan pantai ini terletak pada kekayaan bahari terutama bawah lautnya. AIr laut yang bening memungkinkanmu melihat karang dan biota dari permukaannya yang dangkal. Kedalaman Pantai Ora Maluku Tengah bekisar antara 2-3 meter, sehingga sangat cocok untuk snorkeling.

Ada berbagai spot snorkeling dan menyelam yang bisa dicoba, salah satunya keindahan bawah laut di Trio Hatu. Disana ada tiga tebing yang menjadi spot snorkeling wisatawan yaitu Hatu Supun, Hatu Pia dan Hatu Gurita. Konon, masyarakat setempat percaya di spot Hatu Gurita ada gurita raksasa yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Tiga spot ini memiliki air yang jernih dan berbagai biota laut seperti clownfish, pipefish, table coral, anemone, sea fan hingga angelfish. Bahkan saking jernihnya, kamu bisa melihat pesona bawah laut hingga jarak 30 meter lho!. Maka tak heran kalau spot snorkeling dan diving ini menjadi yang paling favorit di Pantai Ora!.

Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan bawah laut di Pulau Tujuh. Disana, kamu akan melihat ratusan ikan berwarna warni hilir mudik di perairannya. Jangan segan untuk bersantai di kawasan pulau ini juga guys!.

2. Tur Kuliner di Ora Beach Resort

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Jangan lewatkan mencicipi makanan khas Maluku dan makanan pokok masyarakat setempat di Pantai Ora. Jika kamu suka olahan ikan, kamu bisa berkunjung ke Sungai Salawai yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pantai. Namun, jika kamu ingin yang lebih praktis, maka bisa datang ke resto di tepi pantai.

Biasanya, makanan khas sudah include dengan resort yang kamu sewa. Namun, ada yang mengatakan kalau makanan ini terbatas, sehingga kamu harus memastikan terlebih dulu kepada pengelola.

3. Bersantai dan Menikmati Panorama

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Salah satu wisata Maluku ini memiliki panorama alam yang luar biasa. Kamu bisa bersantai di resort di atas laut maupun di daratan. Jika menginap di resort apung, maka kamu dapat menikmati panorama laut dan berenang di perairan dangkalnya.

Pantai Ora juga memiliki banyak spot menarik, mulai pasir putih, perbuktian hijau dengan penginapan tradisional yang estetik. Jika kamu ingin mencari spot lain untuk menikmati pemandangan, kamu bisa menyewa perahu dan mengelilingi areanya.

4. Bird-watching dan trekking di area konservasi

Bagi kamu yang suka petualangan, jangan lewatkan trekking menembus hutan Manusela untuk melihat satwa endemik disana. Untuk kegiatan ini, tentu kamu harus menyewa guide agar tidak tersesat ya!. Disana kamu bisa melihat satwa endemik terutama burung seperti rangkong, nuri, hingga kakaktua. Suara-suara alam yang syahdu di tengah hutan yang rimbun akan membuat petualanganmu semakin berkesan.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Fasilitas Pantai Ora

Fasilitas di Pantai Ora sangat lengkap, terlebih jika kamu menginap di Ora Beach Resort. Ada berbagai pilihan menu makanan dan minuman, mulai makanan ringan, makanan pasmanan hingga makanan diet. Disana juga ada fasilitas area merokok, ruang keluarga, area bebas rokok, layanan pijat, spa, taman, spot pemancingan dan snorkeling.

Hotel juga menawarkan jasa laundry, jasa tour, porter, layanan kamar, staff multibahasa dan keamanan 24 jam. Tak hanya memberikan kemudahan untuk mengeksplorasi kawasan wisata, lokasinya juga menawarkan kenyamanan untuk beristirahat yang menyenangkan.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Untuk memudahkan liburanmu, Ora Beach Resort menyediakan paket menginap dengan harga bekisar Rp. 2.8 juta/orang untuk tiga hari dua malam. Fasilitasnya antara lain makan selama menginap, transportasi PP dari/ke Ambon – Bhandara Pattimura, tiket kapal VIP, kapal ke Mata Air Belanda dan snorkeling di Hatu Supun.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional

Tidak ada tiket masuk untuk menikmati tempat wisata di Maluku ini, tetapi kamu harus menginap untuk petualangan yang lebih lengkap. Setidaknya kamu membutuhkan biaya sekitar Rp. 1.000.000 untuk datang ke tempat ini, tidak termasuk penerbangan ke Ambon.

Sedangkan untuk sewa perahu snorkeling Pantai Ora biayanya sekitar Rp. 1.000.000 yang muat untuk 10 orang. Untuk harga paket tracking dan bird watching lengkap dengan makan siang dibanderol sekitar Rp. 100.000/orang.

Tempat wisata ini buka selama 24 jam, tetapi waktu oprasionalnya dimulai jam 06.00 – 17.00. Harga akomodasi dan jam oprasional mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah

Tips :

  1. Siapkan anggaran untuk menyewa perahu dan menginap di Ora Beach Resort.
  2. Sebaiknya datang rombongan agar biaya lebih ringan.
  3. Sediakan 1 hari untuk perjalanan saja dari Ambon – Pantai Ora. Sehingga jika ingin liburan 3 hari, sediakan waktu setidaknya 5 hari.
  4. Karena ketersediaan penginapan yang terbatas, disarankan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari.
  5. Gunakan pakaian yang nyaman jika ingin trekkingi ke hutan.
  6. Jika tidak mendapatkan kamar di Ora Beach Resort, bisa menginap di Lisar Bahari Homestay dengan harga yang lebih murah.
  7. Sebaiknya ikut paket wisata Ora Beach agar lebih praktis dan hemat.
  8. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Wisata Pantai Ora Maluku :

  • Lokasi : Kec. Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
  • HTM :
  • Jam Buka : 24 jam
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto, trekking, bird-watching, snorkeling, diving.
  • Fasilitas Umum : Penginapan dan paket wisata.
  • Wisata Terdekat : Tebing Batu Hatusaka, Keramba Love Sawai, Kawasan Mangrove Lusa eu Leun.

Artikel Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Pesisir Maluku Tengah pertama kali tampil pada Senang Rekreasi.

Pos terkait