MTsN Makassar, Diduga Lakukan Pungli PSB

Makassar – Walaupun pemerintah pusat sudah menglokasikan anggaran pendidikan yang begitu besar, namun Sistim pendidikan gratis yang semetara berjalan, tidak semua sekolah mentaatinya, bahkan cenderung dana tersebut disalahgunakan. (5/9)

Seperti dugaan yang terjadi di Madrasyah Styanawiah Negeri ( MTsN ) Makassar saat penerimaan siswa baru (PSB). Calon Siswa yang dinyatakan lulus test penjaringan, dapat mengikuti pendidikan setelah mendaftar ulang. Dengan melampirkan persyaratan formal, namun dibalik itu setiap siswa dikenakan biaya 2 Juta rupiah per-orang dengan dalih untuk pembangunan sekolah. Padahal Sekolah merupakan bangunan pemerintah yang telah ditanggung oleh negara.

Bacaan Lainnya

Ironisnya, ada calon siswa yang tidak lulus diduga dimintai pembayaran senilai 3 juta rupiah agar calon siswa tersebut mendapatkan jatah siswa di sekolah tersebut. Demikian dituturkan sumber ke media ini.

“colon Siswa yang tidak lulus test yang tetap ingin mengecap pendidikan di MTsN diberi kesempatan sebanyak 1 kelas lagi setelah hasil test penjaringan calon siswa baru mendaftaran ulang. untuk menghidari sorotan MTsN merespon setelah suasana dianggap aman dan membayar minimal 3juta persiswa” ungkap sumber .

Kepala MTsN Drs H Abd Rafik Mpd yang dikonfirmasi Via SMS, terkait pungutan yang dilakukan pihak sekolah, enggang menaggapi.

Di sisi lain, kordinator Ingesvigasi Lembaga Kontrol Etika dan Provesi Megawati, sangat menyayangkan persoalan ini, bilamana hal ini benar terjadi dan rencana akan melaporkannya kepihak Kejaksaan.

“kami akan melaporkan kejadian ini ke Kejaksan Negeri Makassar, terkait pengaduan beberapa sumber, yang juga sebagai salah satu orang tua calon siswa di sekolah tersebut ” ungkapnya dengan tegas. ( 8fly )

Editor : Ahmad Rinal

Pos terkait