Lagu dari Artis Universal Music Group Resmi di Hapus TikTok

Lagu dari Artis Universal Music Group Resmi di Hapus TikTok
Lagu dari Artis Universal Music Group Resmi di Hapus TikTok

Lagu-lagu dari artis Uiversal Music Group sudah hilang dari TikTok, lho! Kamu udah tau alasannya belum?

Baru-baru ini jagat media sosial TikTok lagi digemparkan dengan menghilangnya lagi-lagu penyanyi dari label UMI atau Universal Music Indonesia. Video dengan sound lagu-lagu dari penyanyi label tersebut juga jadi terganti!

Waduh… kira-kira kenapa ya?

Lagu Penyanyi UMI Hilang dari TikTok, Ada Kaitannya dengan UMG?

Sebenernya sih, fenomena menghilangnya lagu-lagu penyanyi dari UMI ini masih ada kaitannya sama berita heboh di awal Februari kemarin. Berita tersebut adalah Universal Music Group yang menghapus lagu-lagu milik artis mereka dari aplikasi asal China itu pada 1 Februari kemarin. Ini karena kesepakatan lisensi antara keduanya udah kedaluwarsa.

Jadi, permasalahannya ini adalah UMG nggak sepakat sama tarif pembayaran penyanyi dan juga lagu yang diajuin sama pihak TikTok. Pihak label asal Amerika Serikat ini mengatakan kalau dari semua total pendapatan mereka, yang berasal dari platform viral tersebut cuma 1% aja!

Padahal kalau dipikir-pikir platform ini kan punya banyak pengguna dan pendapatan yang berlimpah dari iklan-iklan. Ini tandanya, ad rate TikTok termasuk murah banget.

Nggak cuma itu aja, Universal Music Group juga seperti menyayangkan aplikasi TikTok yang dibanjiri sama lagu buatan AI-generated. Menurut mereka sih, hal ini dinilai bisa mengancam industri musik. Jadilah UMG minta bayaran lebih dan garansi anti-AI.

Sayangnya, TikTok nggak mau tuh mengabulkan permintaannya UMG. Nah, kemudian, menanggapi pernyataan UMG tersebut, TikTok bilang kalau UMG lebih mementingkan keserakahan daripada kepentingan penyanyi maupun penulis lagu.

Ya, memang bener sih, konten-konten di TikTok yang pakai lagu tertentu, terus kontennya viral, bisa ikut menaikkan pamor lagu tersebut. Bahkan lagu-lagu lama bisa viral dan populer kembali berkat TikTok. Contohnya, ya, lagu Taylor Swift yang berjudul Enchanted itu. Atau contoh paling sederhananya, lagu Balonku yang banyak dipakai jadi sound berbagai video lucu.

Nggak berenti sampai di situ, UMG juga menanggapi lagi nih, omongan dari pihak TikTok itu. Kata label yang membawahi Taylor Swift dan penyanyi terkenal lainnya ini, platform tersebut memang bisa menaikkan pamor lagu. 

Tapiii, apa iya kompensasi dari platform itu udah bisa dikatakan layak bagi penyanyi dan penulis lagunya? Mengingat pendapatan UMG dari TikTok cuma 1% aja. Apalagi TikTok juga gak mau bikin garansi anti-AI.

Karena itu deh, akhirnya UMG menghapus semua lagu-lagu artis mereka dari aplikasi TikTok.

Berimbas ke Penyanyi Universal Music Indonesia

Nah, karena gesekan antara label UMG dan platform TikTok itulah, makanya hal ini juga berimbas ke penyanyi-penyanyi naungan Universal Music Indonesia yang lagunya hilang atau dihapus dari TikTok. Adapun penyanyi Indonesia yang berada di bawah naungan label UMI ini adalah seperti LTZ (Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya), Nabila Taqiyyah, Raisa, RAN, Marion Jola, Brisia Jodie, dan masih banyak lagi.

Kalo kamu liat di halaman akun TikTok para artis UMI tersebut, bakal ketauan deh tuh kalo lagu-lagu mereka udah nggak ada sama sekali. Video-video yang menggunakan lagu penyanyi UMI juga jadi kena copyright dan ke muted.

Jadiii, itu dia guys penyebab hilangnya lagu-lagu penyanyi UMI dari TikTok. Gimana tanggapan kamu soal masalah ini, Geng Goers??

Temukan experience baru dengan penawaran harga tiket wisata terbaik dan rekomendasi tempat menarik lainnya di Instagram @goersapp dan aplikasi Goers.  Jangan lupa di follow IG Goers dan segera download app-nya ya!

Ingin event dan tempat wisata mu muncul di blog, social media dan aplikasi Goers?

Serta mendapat jangkauan luas karena diakses banyak orang dengan sistem tiket online tervalidasi yang dihadirkan oleh Goers ?

Menarik Bukan ? Dapatkan semua itu dan penawaran menarik lainnya Goersapp.

The post Lagu dari Artis Universal Music Group Resmi di Hapus TikTok appeared first on Goers.

Berita Utama Terkini

Update Contents
Rakyat Sulawesi We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications