Koperindag Gowa Gelar Pelatihan Manajemen Usaha

RAKYATSULAWESI.CO.ID – GOWA, — Dalam rangka meningkatkan kualitas usaha, Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Gowa menggelar pelatihan peningkatan kualitas manajemen usaha bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan mendorong usaha industrI kecil dengan melibatkan koperasi yang ada di Kab. Gowa.

Ditemui baru-baru ini di ruangannya kepala dinas koperasi dan UMKM kab. Gowa Ir. Muh Yusuf Msi menuturkan “melalui pelatihan peningkatan kualitas manajemen usaha ini diharapkan para UKM bisa lebih eksis bergerak di bidangnya masing-masing, paling tidak tahun 2015 mendatang sudah ada peningkatan ussaha dari usaha mikro menjadi usaha kecil maupun dari usaha kecil menjadi usaha menengah, dan semoga nantinya, kedepan ada peningkatan usaha dari pelaku UKM yang berada di kabupaten Gowa, hal ini merupakan salah satu upaya agar masyarakat bisa berkarya dan mampu menciptakan usaha dalam rangka untuk menambah pendapatan masyarakat itu sendiri,” terang Muh Yusuf.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut menjelaskan “peningkatan kualitas usaha ini perlu dilakukan karena kedepan pemerintah kabupaten Gowa melalui dinas koperasi dan UMKM tengah mempersiapkan program bagi pelaku UKM sendiri”.ungkapnya

Terkait produk unggulan yang ada di Gowa, Muh Yusuf  menjelaskan “Keunggulan sektor industri, perdagangan dan koperasi merupakan kegiatan padat karya dan banyak memanfaatkan bahan baku lokal. Maka dengan pertimbangan tersebut pada tahun 2013 hingga 2015, kami memilih beberapa kecamatan  dengan berbagai komoditas unggulannnya,”ungkapnya.

Untuk saat ini ada beberapa produk unggulan di tiap kecamatan yang sudah memiliki komoditas unggulan dan mampu menyerap beberapa tenaga kerja di Gowa ini yakni unggulan keripik pisang, komoditas kerajinannya, serta komoditas jasa perdagangan.

Menurut  Muh Yusuf MSI, sebagai leading sektor kemajuan koperasi serta UKM, di Gowa di samping memberikan bantuan berupa peralatan, bagi industri kecil, serta permodalan untuk koperasi agar terus bisa berkembang. Koperindag juga  meberikan pelatihan keterampilan bagi industri kecil.

“Kita akan terus upayakan mendorong industri kecil, serta koperasi khusunya di wilayah kabupaten Gowa, termasuk memberikan bantuan peralatan yang akan digunakan oleh industri kecil tersebut,”pungkasnya.

laporan : udhin  Editor : Edison

Pos terkait