Kominfo Manado sosialisasi pembentukan PPID

Manado – Wakil Wali Kota Manado, Harley Mangindaan, membuka sosialisasi pembentukan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Manado  Rabu, di ruang serbaguna Pemkot Manado.

Harley mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi Kota Manado menjadi kota model ekowisata dan misi menjadikan Manado sebagai kota yang menyenangkan.

Bacaan Lainnya

“Serta menetapkan grand strategy diantaranya menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Harley.

Dengan pelaksanaan kegiatan oleh Dinas Kominfo dalam mensosialisasikan PPID dan KIM di lingkup pemerintah kota Manado diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih.

“Juga indikator keterbukaan informasi publik sebagaimana diatur dalam UU No 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik, PP 61/2010 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Permenkominfo 22/2010 tentang standar pelayanan minimum bidang Kominfo, dapat dilaksanakan,” katanya.

Menurut Harley Pemerintah Manado siap membentuk PPID dan KIM di 11 kecamatan, karena informasi merupakan kebutuhan dan hak masyarakat.

“Apalagi informasi adalah saran berkaca bagi pemerintah Manado maka peserta diharapkan memahami konsep serta menjadi corong pemerintah kota Manado kepada warga kota hingga adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Manado Hanny Waworuntu mengatakan informasi dan kelompok informasi masyarakat sebagai salah satu kewajiban pokok pemerintahan daerah dalam pelayanan publik menjadi dasar-dasar pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, selain rencana strategis Dinas Kominfo kota Manado dan Rencana kerja Dinas Kominfo Kota 2013.

Ia berharap setelah sosialisasi pembentukan diharapkan akan dapat ditindaklanjuti dengan pelantikan dan bimbingan teknis PPID selambat-lambatnya bulan Desember 2013 dan pembentukan KIM di sebelas (11) kecamatan se-Kotra Manado.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari Kepala-kepala SKPD di lingkungan Kota Manado, Camat, Lurah dan juga Assisten Tiga Henny Giroth, serta para nara sumber Ketua informasi propinsi Sulut Boy Lalamentik, Bidang  komunisioner dan Adfokasi KIP Letkol (Purn) Habel J Runtuwene serta Sekretaris Dinas Kominfo Kota Manado Soleman Montori.

sumber:Antara

Pos terkait