Daftar Paspor Terkuat & Terlemah 2024

Daftar Paspor Terkuat & Terlemah 2024

Daftar Paspor Terkuat & Terlemah 2024Daftar terbaru paspor paling “sakti” di dunia sudah dilansir. Tahun ini, peringkat pertama dihuni bersama oleh paspor keluaran enam negara: Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, serta Spanyol. Masing-masingnya bisa mengakses 194 destinasi tanpa syarat visa kunjungan. 

Peringkat kedua ditempati bersama oleh Finlandia, Belanda, Korea Selatan, serta Swedia. Paspor keempat negara ini memiliki akses bebas visa ke 193 destinasi.  

Sementara itu, paspor Indonesia bertengger di ranking 69. Menyediakan akses bebas visa ke 78 destinasi, paspor Indonesia berada satu grup dengan Kazakhstan. Khusus kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat keenam, dua tingkat di bawah Timor-Leste

Daftar paspor terkuat di dunia ini dibuat oleh Henley & Partners, perusahaan asal London yang menyediakan jasa konsultasi residensi dan kewarganegaraan. Daftarnya, yang dinamai Henley Passport Index, disusun berdasarkan data dari International Air Transport Association (IATA) yang mencakup 199 paspor dan 227 destinasi. (Disebut “destinasi” karena ada negara yang memiliki kawasan otonom dengan imigrasi terpisah, contohnya Hong Kong dan Makau di Tiongkok.)

Daftar Paspor Terkuat & Terlemah 2024Dibandingkan 2023, Henley Passport Index 2024 memperlihatkan beberapa perubahan. Tahun lalu, Jepang bertengger sendirian di posisi puncak. Paspor Negeri Sakura menyediakan akses bebas visa ke 193 destinasi. Tahun lalu pula, paspor Indonesia berada di peringkat 72 dengan akses bebas visa ke 75 destinasi.

Di dasar klasemen, paspor terlemah 2024 diterbitkan oleh Afghanistan. Paspor negara ini hanya bisa dipakai memasuki 28 destinasi tanpa visa. Di atasnya ialah Suriah (29 destinasi), Irak (31), serta Pakistan (34). Keempat negara ini juga terperosok di dasar klasemen pada 2023.

Henley Passport Index bukan satu-satunya rujukan untuk mengetahui daftar paspor paling sakti. Daftar serupa dibuat antara lain oleh Global Residence Index, Arton Capital, serta VisaGuide. Masing-masing punya metode berbeda, karena itu hasilnya pun berbeda.

Namun begitu, ada satu hikmah yang bisa diambil dari mereka: ide luhur globalisasi tentang pergerakan bebas manusia belumlah terwujud. Dalam hal akses, masih ada ketimpangan besar antara negara kaya dan miskin, antara negara maju dan berkembang, serta antara Barat dan Timur.

Daftar Paspor Terkuat 2024 versi Henley Passport Index

Akses bebas visa: 194 destinasi
Prancis
Jerman
Italia
Jepang
Singapura
Spanyol

Akses bebas visa: 193 destinasi
Finlandia
Belanda
Korea Selatan
Swedia

Akses bebas visa: 192 destinasi
Austria
Denmark
Irlandia
Luksemburg
Inggris

Akses bebas visa: 191 destinasi
Belgia
Norwegia
Portugal

Akses bebas visa: 190 destinasi
Australia
Yunani
Malta
Selandia Baru
Swiss

Akses bebas visa: 189 destinasi
Kanada
Czechia (Ceko)
Polandia
Amerika Serikat

Akses bebas visa: 188 destinasi
Hungaria
Lithuania

The post Daftar Paspor Terkuat & Terlemah 2024 appeared first on DestinAsian Indonesia.

Berita Utama Terkini

Update Contents
Rakyat Sulawesi We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications