Petani di Bangka Tengah Berhasil Panes Saat Kemarau, Bupati Beri Apresiasi


Petani memetik cabai merah saat panen (ilustrasi). Bupati Bangka Tengah mengapresiasi kelompok pertani yang mampu panen cabai saat kemarau.

RAKYATSULAWESI.COM, BANGKA TENGAH — Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman, memberikan apresiasi Kelompok Tani PL Mandiri Desa Teru. Pasalnya mereka berhasil melakukan panen cabai merah saat musim kemarau.


“Keberhasilan Kelompok Tani PL Mandiri dalam panen cabai merah patut diapresiasi dan dicontoh petani lainnya,” kata Algafry usai menghadiri panen cabai merah di Desa Teru, Sabtu (30/9/2023).


Bupati Bangka Tengah ini menjelaskan, tidak mudah bercocok tanam saat musim kemarau karena kondisi tanah kering dan kekurangan pasokan air untuk bisa menyuburkan tanaman. “Tetapi justru Kelompok Tani PL Mandiri dengan kerja keras dan telaten mereka mampu panen dengan hasil yang menurut saya cukup memuaskan,” ujarnya.


Algafry mengatakan sektor pertanian sangat terdampak saat terjadi fenomena El Nino, sehingga berpengaruh terhadap produksi dan memicu inflasi. “Kita sama-sama mengetahui bahwa cabai menyumbang inflasi sangat tinggi dan apa yang dilakukan PL Mandiri sudah membantu pemerintah dalam menekan inflasi,” ujarnya.

 


Mantan Ketua DPRD Bangka Tengah ini melihat para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani PL Mandiri berhasil mengelola pertanian mulai dari bibit dan pola tanam. “Saya belum mendapat data berapa jumlah hasil panen petani PL Mandiri, tetapi saya sangat puas karena mereka tidak gagal panen saat kemarau,” ujarnya.


Algafry minta dinas terkait kembali memberikan bantuan kepada Kelompok Tani PL Mandiri untuk bisa lebih meningkatkan produksinya. “Semangat mereka harus kita dorong dengan memberikan bantuan, sehingga produksi terus meningkat atau minimal bertahan saat musim kemarau.

sumber : Antara

The post Petani di Bangka Tengah Berhasil Panes Saat Kemarau, Bupati Beri Apresiasi appeared first on RAKYATSULAWESI.