Search
Close this search box.

Naik Kereta Cepat Mulai 16 Oktober Resmi Berbayar, Ongkosnya Segini

Table of Contents

RAKYATSULAWESI.COM, JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memperpanjang masa gratis naik Kereta Cepat Whoosh hingga pertengahan Oktober 2023. Setelah itu, KCIC akan memberlakukan tarif normal bagi penumpang yang naik Kereta Cepat mulai 16 Oktober 2023.


“Nanti tunggu saja tanggal 16 Oktober,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan seusai peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2023).

Luhut belum menyampaikan angkat pasti tarif Kereta Cepat. Namun, ia menuturkan, kisaran harga tak akan jauh dari yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya di angka Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu.

Pada tahal awal, Kereta Cepat Whoosh saat ini memiliki tiga stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Penumpang yang ingin menuju pusat kota Bandung telah disediakan feeder atau kereta pengumpan dari Stasiun Padalarang yang jadwal keberangkatannya disesuaikan kedatangan Kereta Cepat.

 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan, besaran tarif tiket Kereta Cepat akan ditentukan oleh PT KCIC di kisaran angka tersebut. KCIC juga akan menentukan apakah kereta pengumpan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung akan digratiskan atau belum termasuk tiket Kereta Cepat.

“Itu tergantung KCIC, itu bukan dominan kita sehingga mereka yang punya kewenangan,” kata Budi.

Di tempat yang sama, GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunnisa, mengatakan, setelah uji coba gratis selama tiga pekan, operator akan menerapkan program Whoosh Experience Program dalam dua pekan ke depan hingga pertengahan Oktober dengan memberikan diskon tarif nol rupiah.

Namun, para calon penumpang tetap harus memesan tiket terlebih dahulu melalui laman resmi ayonaik.kcic.co.id. Rencananya, situs tersebut baru akan dapat diakses pada Senin sore ini, untuk pemesanan tiket keberangkatan Selasa (3/10/2023).


“Karena hari ini baru peresmian, mungkin sore nanti baru kita buka (pemesanan tiket). Ini bisa digunakan untuk perjalanan per 3 Oktober. Jadi masih pakai sistem (situs) dahulu, masyarakat harus daftar melalui link,” kata Eva saat ditemui di Stasiun Kereta Cepat Halim Perdanakusuma.


Melalui program gratis itu, kata Eva, KCIC ingin agar masyarakat dapat mengenal Kereta Cepat lebih dekat. Oleh karena itu, proses saat naik ke Kereta Cepat harus melalui gate dengan sistem yang normal. “Jadi tata caranya mengikuti sistem yang normal, artinya menggunakan tiket,” ujarnya.

The post Naik Kereta Cepat Mulai 16 Oktober Resmi Berbayar, Ongkosnya Segini appeared first on RAKYATSULAWESI.

Rekomendasi Hotel di Kaliurang Jogja
Villa Kaliurang Indah: Penginapan Romantis dengan Pemandangan Gunung
5 Rekomendasi Jasa Fotografer Liburan di Jogja, Moment Seru Harus Diabadikan Dong!
Abadikan Momen Seru Liburan Anda dengan Fotografer Handal di Jogja
Vietnam Airlines Buka Penerbangan ke Munich
Vietnam Airlines Terbang ke Destinasi Baru: Munich
Garrya Residences Pertama Diluncurkan di Phuket
Garrya Residences: Pilihan Terbaik untuk Hunian di Phuket
8 Proyek Jalan di Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Perumda Parkir Makassar Raya: Jukir Tidak Ditarget Dengan Karcis
Perumda Parkir Makassar Raya: Jukir Tidak Ditarget Dengan Karcis
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar dan Perumda Parkir Makassar Masih Jadi PR
Jukir Liar dan Perumda Parkir Kota Makassar Masih Jadi PR
Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
10 Daftar Game Steam Offline Gratis, Terbaru dan Ringan
5 Pentolan KKB, dari Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya
5 Pentolan KKB, dari Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya