Search
Close this search box.
Rakyat Sulawesi Jasa Pembuatan dan penayangan Artikel berita Seo

12 Camat, Sekretaris, Kabag, Kabid Pemkab Lutra Ikuti Talent Pool

Makassar l www.rakyatsulawesi.com – Sebanyak 12 Camat, Sekertaris Dinas 12 orang, Kabag Sekertariat Daerah 3 orang, Kabag Sekertariat Dewan 2 orang, dan Kepala Bidang 11 orang pada Pemkab Luwu Utara (Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel), mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi (Talent Pool) yang digelar Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar, Selasa(3/9/2019) sampai Kamis(5/9/2019).

Hal ini disampaikan Kepala BKPSDM Lutra, Nur Dalim pada media ini melalui WhatsAppnya, Selasa(3/9/2019) sore, bahwa kegiatan talent pool sebagai bentuk apresiasi BKN Regional IV Makassar untuk komitmen Lutra sebagai upaya mendorong pelaksanaan sistem merit dalam pengembangan ASN di Bumi Lamaranginang julukan Luwu Utara.

” Kegiatan ini bukan untuk menentukan lulus atau tidak lulus. Yang dinilai adalah bagaimana memecahkan potensi dan kompetensi peserta untuk data base BKN yang nanti akan disinkronkan dengan sistem informasi kepegawaian dan ASN yang profesional dibidangnya,” tutur Nur Salim.

Kepala Kepegawaian BKN Makassar regional IV, Drs Harun Arsyad SH, MH saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, penilaian potensi dan kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan www.rakyatsulawesi.comistrator merupakan, respons atas sasaran yang ingin dicapai oleh Pemerintah melalui reformasi birokrasi khususnya dalam penerapan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang transparan, kompetitif dan berbasis merit.

Baca:

“Penilaian potensi dan kompetensi ini dilakukan melalui penerapan sistem promosi secara terbuka, kompetitif, dan berbasis kompetensi didukung oleh makin efektifnya pengawasan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” kata Harun Arsyad.

Menurut Harun Arsyad, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh BKN dalam menjalankan tugasnya sebagai pembina manajemen ASN adalah menyiapkan database potensi dan kompetensi JPT dan www.rakyatsulawesi.comistrator (talent pool).

Diharapkan database tersebut terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian. Data yang sudah terkumpul dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun profil PNS sebagaimana amanat PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

“Pelaksanaan penilaian ini telah berkoordinasi dengan KASN sehingga hasil penilaian dapat digunakan sebagai bagian dalam proses seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi, sehingga peserta yang telah mengikuti penilaian potensi dan kompetensi yang diselenggarakan oleh BKN tidak harus mengikuti penilaian uji kompetensi manajerial ketika mengikuti seleksi terbuka dalam pengisian JPT,” tutur Harun Arsyad melalui Kepala BKPSDM Lutra, Nur Salim.

Masih Harun Arsyad mengatakan bahwa ada 215 peserta dari 11 Kabupaten di wilayah kerja Kantor BKN regional IV Makassar. Kegiatan hasil penilaian akan dimasukkan ke dalam talent pool yang merupakan database potensi dan kompetensi PNS.

“Ada tiga manfaat talent pool yang nantinya akan terwujud, yakni sebagai referensi pengisian jabatan, sebagai dasar dilakukannya rotasi atau mutasi pegawai dan sebagai referensi penyusunan program pengembangan kompetensi untuk menutup gap kompetensi PNS,” pungkas Harun Arsyad.

Sementara itu Kepala BKPSDM Lutra, Nursalim mengatakan, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh BKN untuk membantu instansi daerah menyusun profil PNS adalah melaksanakan penilaian potensi dan kompetensi sebagai dasar bagi instansi membangun talent pool. “Peserta yang mengikuti penilaian potensi dan kompetensi saat ini adalah para pejabat yang potensial dan merupakan kader dari instansi masing masing,”tukas Nur Salim.

Laporan (www.rakyatsulawesi.com)

Berita Terkait Lainnya

Polsek Tebing Tinggi Lakukan Pengamanan saat Ibadah Minggu
IMG-20230402-WA0001
Diet Keto Mampu Mengontrol Gula Darah
Dinas Pendidikan Kota Makassar
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar
Ashari Sitaba Alami Kecelakaan di Poros Takalar
Para Sprinter Karisma Evi Tiarani Pecahkan Rekor Kejuaraan Dunia Lari 100 Meter di Jepang
Temukan Manfaat Kaliandra yang Jarang Diketahui, Wajib Dicoba!
Panduan Lengkap Sholat Tiang Agama: Pentingnya, Manfaat, dan Rahasia Kekhusyukan
Doa Tolak Bala yang Singkat dan Ampuh
IMG-20240526-WA0052
Sang Pemberani Emak-emak Deklarasi di Atas Perahunya, Dukung Wa Ode Nurhayati 
IMG-20240525-WA0024-1
Crew WON Tiba Di Gunung Jati Disambut Tarian Khas Warga
IMG-20240525-WA0024
Aksi Silat Muna Warnai Dukungan Warga Gunung Jati Kepada Wa Ode Nurhayati untuk Maju Pilgub Sultra
IMG-20240525-WA0007
Dukung Wa Ode Nurhayati, Relawan Gelar Makan Siang Bersama
OSK_083_aspect16x9-1
Agustus, Hotel Four Seasons Debut di Osaka
1-305-1
Siap Guncang Tokyo dan Osaka, Summer Sonic Kembali di Agustus 2024
Hole_3-1-1-1
Yang Spesial untuk Pegolf Senior dari Riverside Golf Club
gajah-putih-1
6 Restoran di Ubud: Tribute untuk Bali
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Jelang Pitch Black 2024, TNI AU dan Angkatan Udara Australia Gelar Final Planning Conference
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Dugaan Penyebab Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Jerman Tangkap Tiga Orang Terduga Mata-mata Cina
Dinas PU Makassar
Dinas PU Makassar
Kontainer Digembok, Warga Butung Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
Kontainer Digembok, Warga Sesalkan Sikap Lurah Butung Kota Makassar
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
8 Proyek Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Jadi Temuan BPK
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"
Jukir Liar di Kota Makassar "Sulit Dibedakan"