Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor
Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Singkawang merupakan salah satu kota menarik di Kalimantan Barat yang pernah tiga kali menjadi kota toleransi. Dikelilingi oleh pegunungan dan didominasi masyarakat Tionghoa, banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi mulai wisata alam hingga beragam klenteng. Taman Batu Belimbing merupakan salah satu wisata alam yang populer karena menyimpan keunikan yang luar biasa.

Bacaan Lainnya

Salah satu wisata Singkawang ini terkenal akan pemandangan alamnya yang indah dengan danau yang asri. Lokasinya yang berada sekitar 150 mdpl juga menyajikan panorama indah disekitarnya. Uniknya, di danau ini ada sebuah batu raksasa yang teksturnya mirip buah belimbing lho!.

Lokasi & Rute

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Wisata Batu Belimbing berada di Kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kawasannya berada di Jalan Raya Singkawang – Bengkayang dan berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Untuk kesana, dari pusat kota Singkawang membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Kamu akan melewati kawasan perbukitan, perkebuhan dan hutan alami yang asri dan indah. Kawasannya yang cukup terpencil, jangan heran kalau akses jalan tak selalu mulus. Agar lebih praktis dan mudah, kamu bisa menggunakan maps untuk ke lokasi wisata.

Sejarah Batu Belimbing Singkawang

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Awalnya batu raksasa ini pernah berganti nama hingga lima kali, mulai dinamakan batu pulau hingga batu bergantung. Namun karena teksturnya bertekuk-tekuk seperti belimbing maka dinamakan Batu Belimbing. Menariknya, masyarakat sekitar meyakini bahwa batu tersebut lambat laun tumbuh semakin besar, karena dulu tak sebesar ini.

Konon keberadaan batu di danau berasal dari meteor yang kemudian dijadikan tempat pemujaan di jaman kerajaan. Bahkan setiap raja (Sambas pra Islam) harus bertapa di batu tersebut sebelum dinobatkan. Sebelum jatuh, batu meteor tersebut membentur puncak Gunung Poteng, membuat puncaknya berbentuk seperti sekarang.

Meski belum jelas kebenarannya, secara ilmiah, teksturnya yang beralur-akur terbentuk dari hasil pengikisan atmosfer. Batu Belimbing Singkawang memang memang lain dibanding jenis batu lainnya karena molekulnya berbeda. Kabarnya, ada batu serupa di Amerika lho guys!.

Daya Tarik Batu Belimbing Singkawang

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Panorama indah dari ketinggian, taman asri dan batu raksasa unik yang berdiri kokoh menjadi daya tarik wisata Singkawang ini. Kamu akan melihat batunya seolah-olah mengapung di atas permukaan danau. Bentuknya yang unik kerap menjadi latar belakang foto yang banyak dilakukan wisatawan yang datang.

Menariknya lagi, masyarakat setempat meyakini bahwa batu tersebut punya anak yang masih ada di atas perbukitan. Saat berada di likasi wisata, kamu tidak hanya bisa bersantai menikmati pemandangan tetapi juga bisa melakukan aktivitas lain seperti outbound, wisata air hingga kulineran.Bahkan kamu bisa trekking ke hutan untuk melihat anak batu tersebut guys!.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

1. Bersantai dan Berfoto

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Menjadi taman rekreasi yang menyenangkan, kamu bisa bersantai di kawasannya yang asri dan sejuk. Di tepian danau sudah ada jalan paving untuk memudahkanmu bersantai mengelilingi danau sembari menikmati pemandangan hijau. Jika lelah, sudah ada jajaran gazebo di tepi danau untuk beristirahat.

Wisata Batu Belimbing Singkawang kerap dijadikan objek foto karena bentuknya yang unik dan indah. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang batu raksasa, maupun di spot lainnya. Di sekitar lokasi sudah dibangun beberapa spot, seperti patung, jembatan ke arah batu dan sebagainya.

2. Bermain

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Karene menawarkan pesona danau, ada wisata air yang bisa kamu coba yaitu bebek engkol. Aktivitas mengayuh sepeda air bentuk bebek ini cukup digemari wisatawan. Kamu bisa bersantai melihat batu lebih dekat dan mengitari danau yang cukup luas.

Danau memiliki kedalaman sekitar 3,5 meter, sehingga sangat tidak disarankan berenang. Jadi, kamu hanya bisa bermain sepeda air dan wahana darat seperti ayunan. Meski begitu, ini akan menjadi pengalaman wisata menarik yang cocok untuk keluarga.

3. Kulineran

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Ada beberapa kios makanan dan minumn yang menjual berbagai menu. Jika kamu ingin mencoba makanan khas Dayak, kamu juga bisa mencicipinya disini.

Kuliner ayam panso merupakan kuliner khas yang bisa kamu coba dengan citarasa khas dari bumbu tradisonal pilihan. Ayam yang dibumbui dimasak dalam bambu, kemudian dibakar hingga matang. Aroma yang menggugah selera pasti membuat perutmu kembali lapar.

4. Trekking ke Hutan

Lengkapi petualanganmu dengan trekking ke bukit di tepian danau. Konon, di hutan sekitarnya terdapat anak Batu Belimbing lho!. Jika kamu ingin melihatnya, pastikan membawa guide lokal agar kamu tidak tersesat dan salah arah ya.

Tak jauh dari danau, memang ada batu yang mirip dengan yang ada di danau. Bahkan di sekitarnya juga ada batu-batu besar lain. Kamu bisa berfoto disini, maupun naik ke atas batu.

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

5. Camping

Jika dulu kawasan wisata masih berupa hutan dan rumput liar, kini dengan adanya danau buatan membuatnya cocok untuk dinikmati sepanjang hari. Jika kamu ingin merasakan nuansa alam yang asri, kamu bisa mencoba camping disini. Di sekitar danau ada lahan terbuka dan datar yang cocok untuk membuat tenda, asal tenda bawa sendiri ya!.

Fasilitas Taman Batu Belimbing Singkawang

Menjadi salah satu wisata populer di Singkawang, fasilitas yang ada disana terbilang memadai. Fasilitas yang ada yaitu area parkir luas untuk kendaraan roda dua dan empat, gazebo, kios makanan, sudut baca dan minuman, toilet umum, spot foto, camp area, wahana permainan dan mushola.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional

Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor

Harga tiket taman wisata Batu Belimbing Singkawang dibanderol per kendaraan, yaitu Rp. 5.000/motor, Rp. 10.000/mobil, Rp. 20.000/pick up dan Rp. 50.000/bus wisata. Jika ingin naik wahana bebek engkol tarifnya Rp. 20.000/15 menit.

Jam operasional tempat wisata ini mulai pukul 07.00 – 17.00. Harga tiket dan jam operasional mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.

Tips :

  1. Untuk menghindaari keramaian, datanglah selain weekend dan hari libur.
  2. Sebaiknya datang pagi atau agak sore untuk nuansa yang lebih sejuk.
  3. Jangan berenang di danau karena cukup dalam.
  4. Bagi yang membawa anak-anak, selalu awasi khususnya jika bermain di tepian danau.
  5. Jika berencana sewa motor untuk keliling wisata lain, cari sewa motor di Singkawang terpercaya, review bagus dan pilih sesuai budget.
  6. Jika berencana menginap di area wisata, cari hotel murah di Singkawang atau di dekat lokasi wisata dengan berbagai pilihan fasilitas.
  7. Untuk liburan yang lebih praktis dan menyenangkan bisa ikut paket tour Pontianak – Singkawang atau paket wisata Singkawang saja untuk destinasi yang lebih beragam.
  8. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Wisata Batu Belimbing Singkawang :

  • Lokasi : Nyarumkop, Kec. Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

/center>

  • HTM : Rp. 5.000 – RP. 50.000
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto, bermain, outbound.
  • Wahana : Bebek engkol
  • Fasilitas Umum : Area parkir, gazebo, kios makanan, sudut baca dan minuman, toilet umum, spot foto, camp area, wahana permainan, mushola.
  • Wisata Terdekat : Air Terjun Sibohe, PAJINTAN Waterboom, Gunung Poteng, Bukit Raya, Desa Wisata Bagak Sahwa, Danau Biru, Air Terjun Parong, Taman Gunung Sari Singkawang, Taman Burung Singkawang, Pemandian Eria.

Artikel Batu Belimbing Singkawang, Wisata Unik dengan Batu Meteor pertama kali tampil pada Senang Rekreasi.

Pos terkait