43 Calon haji Sulbar terancam batal ke Tanah Suci

Ilustrasi (Foto:ist)

MAMUJU – Sebanyak 43 calon jamaah haji Sulawesi Barat (Sulbar) terancam batal berangkat ke Tanah Suci. Sebab, visa pemberangkatan calhaj tersebut belum ada.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar Muhdin membenarkan adanya 43 calhaj yang belum mendapatkan visa haji. Mereka adalah 19 calhaj yang tergabung dalam kloter 19 dan 24 calhaj yang tergabung dalam kloter 14 dan 15.

Bacaan Lainnya

“Adapun calhaj yang tergabung dalam kloter 19 belum dapat visa adalah 10 calhaj dari kabupaten Polman, tujuh dari Kabupaten Majene, serta dua dari Kabupaten Mamasa,” tutur Muhdin, Kamis (27/8/2015).

Muhdin menyebutkan, untuk Sulbar, secara keseluruhan pengurusan dokumen haji seperti paspor yang terkirim dalam proses pembuatan visa di KBSA sebanyak 1.160.

Namun, yang sudah keluar visanya baru sebanyak 1.117 paspor. Sisanya masih berada di KBSA. “Kita sudah lakukan pengecekan. Informasinya, dokumen calhaj Sulbar sudah rampung.”

Muhdin meyakini, hingga akhir pemberangkatan, semua yang berkaitan dengan kelengkapan haji sudah rampung, terutama visa.

Sekprov Sulbar Jamil Barambangi mengatakan, selain visa, tidak ada lagi permasalahan soal pemberangkatan haji.

“Visa calon haji yang belum datang juga sudah selesai, tinggal dijemput, begitu pula dengan buku kesehatan haji yang belum ada sudah ada solusinya,” tandasnya.(SIN)

Pos terkait